Konsep Motor Bakar


BAB I
PENDAHULUAN
Pengertian Motor Bakar
Motor bakar adalah suatu perangkat/mesin yang mengubah energi termal/panas menjadi energi mekanik. Energi ini dapat diperoleh dari proses pembakaran yang terbagi menjadi 2 (dua) golongan, yaitu:
  1. Motor bakar pembakaran luar, yaitu suatu mesin yang mempunyai sistim pembakaran yang terjadi diluar dari mesin itu sendiri. Misalnya mesin uap dimana energi thermal dari hasil pembakaran dipindahkan kedalam fluida kerja mesin. Pembakaran air pada ketel uap menghasilkan uap kemudian uap tersebut baru dimasukkan kedalam sistim kerja mesin untuk mendapatkan tenaga mekanik.
  2. Motor pembakaran dalam. Pada umumnya motor pembakaran dalam dikenal dengan motor bakar. Proses pembakaran bahan bakar terjadi didalam mesin itu sendiri sehingga gas hasil pembakaran berfungsi sekaligus sebagai fluida kerja mesin. Motor bakar itu sendiri dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan sistim yang dipakai, yaitu motor bakar torak, motor bakar turbin gas, dan motor bakar propulsi pancar gas. Untuk motor bakar torak dibagi atas 2 (dua) macam, yaitu motor bensin dan motor diesel. Menurut langkah kerjanya motor bakar dibagi menjadi mesin dengan proses dua langkah dan mesin dengan proses empat langkah.
                                                                           
                                                                           BAB II
PEMBAHASAN

BAGIAN-BAGIAN MOTOR BAKAR SERTA FUNGSINYA
Motor bakar memiliki bermacam-macam bagian yang memiliki tugas tertentu yang saling bekerja sama menghasilkan putaran motor. Bagian-bagian motor bakar antara lain:
1. Torak(batang penggerak)
Torak adalah bagian motor bakar yang bergerak lurus bolak-balik dalam silinder. Torak ditopang oleh batang torak yang menghubungkan torak dengan poros engkol. Torak merupakan bagian dari motor bakar yang berfungsi mengkompresi muatan segar ke dalam silinder, mengubah tenaga gas(selama ekspansi) menjadi usaha mekanis, dan menyekat hubungan gas diatas dan dibawah torak. Karena fungsinya yang amat penting maka torak harus memiliki sifat-sifat khusus, yaitu ringan, kuat/kokoh, penghantar panas yang baik, koefisien muai kecil dan tahan aus. Biasanya torak dibuat dari besi tuang kelabu, baja tuang campuran alumunium karena logam ini tahan panas dan tahan aus.
2. Poros engkol
Poros engkol adalah poros yang berfungsi mengubah gerakan torak yang maju mundur menjadi gerakan memutar(putaran mesin). Poros engkol berada di dalam ruang engkol yang didalamnya juga terdapat bantalan-bantalan luncur yang berfungsi menyetabilkan putaran poros engkol.
3. Katup(klep)
Fungsi dari katup adalah untuk memutuskan dan menghubungkan ruang silinder di atas kotak dengan udara luar pada saat dibutuhkan.

 

BENTUK ATAU JENIS-JENIS MOTOR BAKAR

KONSEP MOTOR BAKAR

MOTOR BAKAR
Motor bakar adalah suatu mekanisme yang mengubah energi mekanik menjadi energi gerak.
Jenis-jenis motor bakar

1. Motor pembakaran luar (external combustion chamber)
      Motor pembakaran luar adalah suatu motor bakar dimana proses pembakaran atau perubahan energi panas dilakukan diluar mekanisme/konstruksi mesin melalui media penghubung lagi.
Contohnya : 
- Mesin uap/turbin uap
- Mesin Nuklir/turbin nuklir
2. Motor pembakaran dalam (internal combustion camber)
       Motor pembakaran dalam adalah suatu motor bakar dimana proses pembakaran atau perubahan energi panas dilakukan didalam konstruksi mesin itu sendiri. Adapun tempat terjadinya proses pembakaran disebut  ruang bakar (combustion chamber).
Contohnya : 
-Motor Bensin


-Motor diesel
-Mesin jet
Prinsip kerja motor bakar dalam melakukan siklus kerjanya :
A. Prinsip keja motor 4 tak
     Yaitu setiap dua kali putaran poros engkol atau empat kali gerakan turun dan naik pada piston menghasilkan satu kali langkah usaha/tenaga
Cara kerja motor 4 tak pada motor bensin
1. Langkah isap

Add caption


- Piston bergerak dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah)
- Katup isap membuka 
- Oleh karna piston bergerak ke bawah, maka di dalam ruang silinder timbul kevakuman sehingga campuran antara udara dan bensin terhisap masuk kedalam ruang silinder.
2. Langkah kompresi
- Akhir dari langkah isap 
- Piston bergerak dari TMA ke TMB
- Kedua katup menutup
- Oleh karna piston bergerak ke atas , maka campuran udara dan bahan bakar yanga berada didalam silinder akan tertekan ke atas dan ditempatkan di dalam ruang bakar.
3. Langkah usaha
- Akhir dari langkah kompresi
- Sesaat sebelum piston mencapai TMA, busi akan memercikan bunga api listrik kedalam ruang bakar. Selanjutnya campuran udara dan bensin yang sudah di tempatkan akan terbakar dan menimbulkan tenaga gerak atau mekanink.
4. Langkah buang
- Merupakan akhir daari langkah usaha 
- Piston bergerak dari TMB ke TMA
- Oleh karna piston Bergerak ke atas, maka gas hasil pembakaran di dalam silinder akan teradorong keluar melalui katup buang.
Cacatan : 
    Pada saat akhir langkah buang dan awal langkah isap, kedua katup akan membuka sedikit (valve over lap) yang berfungsi sebagai langkah pembilasan ( campuran udara dan bahan bakar baru mendorong gas sisa hasil pembakran).

Secara umum, kendaraan bermotor menggunakan motor pembakaran dalam (Internal Combustion Engine), mengingat motor pembakaran jenis dalam ini mempunyai kelebihan yang banyak dibandingkan dengan motor pembakaran luar.
Beberapa kelebihan tersebut antara lain :
- Lebih hemat atau irit dalam pemakaian bahan bakar,
- Kontruksi mesinnya lebih sederhana dan lebih kecil,
- Berat tiap satu satuan tenaga mekanisnya lebih kecil.

Cacatan : 
    Pada saat akhir langkah buang dan awal langkah isap, kedua katup akan membuka sedikit (valve over lap) yang berfungsi sebagai langkah pembilasan       ( campuran udara dan bahan bakar baru mendorong gas sisa hasil pembakran).



BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Berdasarkan hasil yang diperoleh dari praktikum ini maka, dapat disimpulkan bahwa :
·         Motor dibedakan dari proses kerjanya yaitu motor 4 takt dan motor 2 takt. Sedangkan berdasarkan penyalaan bahan bakarnya motor juga dibedakan menjadi 2 yaitu motor bensin dan motor diesel.
·         Untuk motor bensin menggunakan bahan bakar bensin(premium), sedangkan untuk motor diesel menggunakan bahan bakar solar atau minyak diesel.
·         Bagian-bagian motor bakar terdiri dari silinder, piston, karbulator, governer dan magnet roda gila.

Saran
·         Untuk Laboratorium
Sebaiknya alat-alat dan mesin yang ada di dalam laboratorium disusun dengan rapi, agar praktikan mudah untuk mengamati dan mengambil gambar.
·         Untuk Asisten
Baiknya dalam melaksanakan praktikum, asisten juga ikut menemani praktikan dan memberikan penjelasan mengenai ala-alat dan mesin yang ada di dalam lab.


DAFTAR PUSTAKA

Anonim, 2010.http//:www.google.com.id.Diakses pada tanggal 27 Maret 2010 Makassar.
Anonim, 2010.http//:Blogspot.co.id.Diakses pada tanggal 27 Maret 2010 Makssar.
Anonim, 2010.http//:www.wikipedia.com.Diakses pada tanggal 27 Maret 2010 Makasar.
Arismunandar, 2005.Penggerak Mula Motor Bakar torak. Tiga Serangkai. Jakarta
Smith dan Wilkes, 2003.Mesin dan Peralatan Usaha Tani.Tiga Serangkai. jakarta
Okasatria, N dan Agus Budi Jatmiko. 2002. Motor Bakar. Perpustakaan UI : Jakarta.



KATA PENGANTAR

            Puji syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan rahmat dan kesehatan kepada kita semua, sehingga kita dapat melaksanakan suatu proses pembelajaran sebagaimana yang terlaksana seperti sekarang ini.
            Dalam Makalah ini, saya mencoba membuat suatu pembahasan menganai Konsep Motor Bakar  yang dapat saya sajikan yaitu beberapa defenisi- defenisi dan berbagai gambar yang  diselesaikan langkah demi langkah, dan diberi komentar.
           
Makalah ini sangat sederhana dan masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu, untuk membantu kesempurnaan Makalah ini, maka saya sangat mengharapkan kritik dan saran dari semua pihak terutama Bapak dan Ibu  guru.


DAFTAR ISI
Kata pengantar                                                                                                           
Daftar isi                                                                                                                    
BAB I PENDAHULUAN
Pengertian motor bakar                                                                                  
BAB II PEMBAHASAN
Bagian-bagian motor bakar serta fungsinya                                                   
Torak (batang penggerak)                                                                              
Poros engkol                                                                                                  
Katup (klep)                                                                                                   
Bentuk atau jenis-jenis motor bakar                                                               
BAB III PENUTUP
Kesimpulan                                                                                                    
Saran                                                                                                              
Daftar isi                                                                                                                    

Comments

Popular posts from this blog

NERACA OHAUS

Makalah Asam dan Basa

Contoh Laporan Praktik Kerja Industri TKR (SMK)