Pages

Makalah Seni Rupa

Respons: 0 comments

KATA PENGANTAR

Salah satu dari tujuh unsur kebudayaan yang universal (ada pada setiap kebudayaan di dunia) adalah kesenian. Kesenian merupakan ekspresi manusia akan keindahan dalam bentuk tarian, musik, nyanyian dan lain sebagainya. Suku bangsa Dayak yang hidup di Pulau Kalimantan pun mengembangkan kesenian, baik seni rupa,seni musik, dan juga seni tari. Kebudayaan yang berwujud dalam suatu keragaman kesenian Dayak nan unik dapat ditemukan di Kalimantan Tengah. Berbagai macam kesenian, serta ke-khasan adat masyarakat dayak seharusnya tetap dipertahankan sebagai warisan dar leluhur.

Untuk mempertahankan serta melestarikan kebudayaan Dayak yang mulai terkikis oleh perkembangan zaman tidaklah mudah. Perlu kesadaran yang tinggi dari masyarakat Dayak sendiri. Oleh karena itulah perlu suatu apresiasi serta pengembangan khusus yang paling tidak dapat mengurangi arus dampak kemajuan atau globalisasi dunia. Oleh karena itulah makalah singkat tentang “ Seni Rupa Kalimantan Tengah” ini disusun.

Tujuannya adalah untuk menjelaskan sedikit tentang seni rupa yang ada di Kalimantan Tengah yang dalam hal ini adalah milik suku Dayak Dalam menyusun karya tulis ini, penulis sangat berterima kasih kepada pelbagai sumber informasi dan data yang telah penulis gunakan baik secara langsung maupun tidak langsung. Tentunya yang utama adalah kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberikan berkat, pengetahuan, serta kemampuan bagi penulis. Selain itu, penulis juga berterima kasih kepada keluarga, guru dan teman-teman yang telah senantiasa memberikan dukungan dan bantuannya yang sangat berarti dalam penulisan karya tulis ini. Semoga karya tulis sederhana ini dapat memenuhi syarat sebagai tugas dalam bidang kesenian serta dapat berguna, sebagai pengetahuan dan dapat memberikan dukungan terhadap pelestarian kebudayaan di Kalimantan Tengah.

Akhir kata, penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kekurangan dalam karya tulis ini. Penulis juga membuka kesempatan bagi kritik dan saran yang dapat membangun dan mengembangkan karya tulis ini. Karena pada hakikatnya ilmu pengetahuan akan terus menerus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.


DAFTAR ISI

Halaman Sampul Depan                                                             
Halaman Sampul Dalam                                                              
Kata Pengantar                                                                        
Daftar Isi                                                                               

BAB I. PENDAHULUAN : SENI RUPA NUSANTARA                
A. Seni Rupa                                                         
B. Unsur Seni Rupa                                                
C. Prinsip Seni Rupa                                              
D. Ragam Gagasan Seni Rupa Daerah                      
E. Ragam Seni Rupa Daerah                                   

BAB II. JENIS-JENIS SENI RUPA KALIMANTAN TENGAH 

Lampiran ( Galeri gambar )                                                       

Sumber-Sumber Data dan Informasi                                        
A. Daftar Kepustakaan                                          
B. Sumber Internet                                              


BAB I
SENI RUPA NUSANTARA
A. Seni Rupa
Sadarkah bila di sekitar kita banyak sekali karya seni rupa? Berbagai gambar pada buku, iklan, atau kain, lukisan, anyaman tikar atau kursi rotan, desain kamar dan taman, ataupun patung yang menghiasi rumah dan jalan merupakan hasil gagasan manusia yang dicipta dalam rangka memenuhi kebutuhannya.Seni yang pada kegiatan penciptaannya memerlukan koordinasi antara mata dan tangan ini disebut seni rupa. Seni rupa adalah ungkapan gagasan atau perasaan estetis dan bermakna yang diwujudkan melalui media titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang yang ditata dengan prinsip-prinsip tertentu. Seni rupa yang sering kalian lihat di kehidupan sehari-hari itu, dibagi dua menurut kegunaannya.
Yakni seni rupa murni dan seni rupa terapan. Disebut seni rupa murni karena karya seni ini mengutamakan fungsi keindahan atau hanya untuk dinikmati nilai atau mutu seninya dengan indera penglihatan.Sedangkan seni rupa terapan merupakan karya seni rupa yang mengutamakan fungsi pakainya selain juga dinikmati mutu seninya. Seni rupa terapan dapat dibedakan menjadi dua, yakni seni kriya/kerajinan tangan seperti ukiran, 
 jika ingin yang lengkap sila kan saja download disini dijamin lengkap deh

No comments:

Copyright © @bang

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog