Konsep Motor Bakar
BAB I
PENDAHULUAN
Pengertian Motor Bakar
Motor bakar adalah suatu perangkat/mesin yang
mengubah energi termal/panas menjadi energi mekanik. Energi ini dapat diperoleh
dari proses pembakaran yang terbagi menjadi 2 (dua) golongan, yaitu:
- Motor bakar pembakaran luar, yaitu suatu mesin yang mempunyai sistim pembakaran yang terjadi diluar dari mesin itu sendiri. Misalnya mesin uap dimana energi thermal dari hasil pembakaran dipindahkan kedalam fluida kerja mesin. Pembakaran air pada ketel uap menghasilkan uap kemudian uap tersebut baru dimasukkan kedalam sistim kerja mesin untuk mendapatkan tenaga mekanik.
- Motor pembakaran dalam. Pada umumnya motor pembakaran dalam dikenal dengan motor bakar. Proses pembakaran bahan bakar terjadi didalam mesin itu sendiri sehingga gas hasil pembakaran berfungsi sekaligus sebagai fluida kerja mesin. Motor bakar itu sendiri dibagi menjadi beberapa macam berdasarkan sistim yang dipakai, yaitu motor bakar torak, motor bakar turbin gas, dan motor bakar propulsi pancar gas. Untuk motor bakar torak dibagi atas 2 (dua) macam, yaitu motor bensin dan motor diesel. Menurut langkah kerjanya motor bakar dibagi menjadi mesin dengan proses dua langkah dan mesin dengan proses empat langkah.
BAB II
PEMBAHASAN
BAGIAN-BAGIAN MOTOR BAKAR SERTA FUNGSINYA
Motor bakar memiliki
bermacam-macam bagian yang memiliki tugas tertentu yang saling bekerja sama
menghasilkan putaran motor. Bagian-bagian motor bakar antara lain:
1. Torak(batang
penggerak)
Torak adalah bagian motor bakar
yang bergerak lurus bolak-balik dalam silinder. Torak ditopang oleh batang
torak yang menghubungkan torak dengan poros engkol. Torak merupakan bagian dari
motor bakar yang berfungsi
mengkompresi muatan segar ke dalam silinder, mengubah tenaga gas(selama
ekspansi) menjadi usaha mekanis, dan menyekat hubungan gas diatas dan dibawah
torak. Karena fungsinya yang amat penting maka torak harus memiliki sifat-sifat
khusus, yaitu ringan, kuat/kokoh, penghantar panas yang baik, koefisien muai
kecil dan tahan aus. Biasanya torak dibuat dari besi tuang kelabu, baja tuang
campuran alumunium karena logam ini tahan panas dan tahan aus.
2. Poros engkol
Poros engkol adalah poros yang berfungsi mengubah gerakan torak yang
maju mundur menjadi gerakan memutar(putaran mesin). Poros engkol berada di
dalam ruang engkol yang didalamnya juga terdapat bantalan-bantalan luncur yang
berfungsi menyetabilkan putaran poros engkol.
3. Katup(klep)
Fungsi dari katup adalah untuk memutuskan dan menghubungkan ruang
silinder di atas kotak dengan udara luar pada saat dibutuhkan.
BENTUK ATAU JENIS-JENIS MOTOR BAKAR
KONSEP MOTOR BAKAR
Motor bakar adalah suatu mekanisme yang mengubah energi mekanik menjadi energi gerak.
Jenis-jenis motor bakar
1. Motor pembakaran luar (external combustion chamber)
Motor pembakaran luar adalah suatu motor bakar dimana proses
pembakaran atau perubahan energi panas dilakukan diluar
mekanisme/konstruksi mesin melalui media penghubung lagi.
Contohnya :
- Mesin uap/turbin uap
- Mesin Nuklir/turbin nuklir
2. Motor pembakaran dalam (internal combustion camber)
Motor pembakaran dalam adalah suatu motor bakar dimana proses
pembakaran atau perubahan energi panas dilakukan didalam konstruksi
mesin itu sendiri. Adapun tempat terjadinya proses pembakaran disebut
ruang bakar (combustion chamber).
Contohnya :
-Motor Bensin
-Motor diesel
-Mesin jet
Prinsip kerja motor bakar dalam melakukan siklus kerjanya :
A. Prinsip keja motor 4 tak
Yaitu setiap dua kali putaran poros engkol atau empat kali gerakan
turun dan naik pada piston menghasilkan satu kali langkah usaha/tenaga
Cara kerja motor 4 tak pada motor bensin
1. Langkah isap
Add caption |
- Piston bergerak dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah)
- Katup isap membuka
- Oleh karna piston bergerak ke bawah, maka di dalam ruang silinder
timbul kevakuman sehingga campuran antara udara dan bensin terhisap
masuk kedalam ruang silinder.
2. Langkah kompresi
- Akhir dari langkah isap
- Piston bergerak dari TMA ke TMB
- Kedua katup menutup
- Oleh karna piston bergerak ke atas , maka campuran udara dan bahan
bakar yanga berada didalam silinder akan tertekan ke atas dan
ditempatkan di dalam ruang bakar.
3. Langkah usaha
- Akhir dari langkah kompresi
- Sesaat sebelum piston mencapai TMA, busi akan memercikan bunga api
listrik kedalam ruang bakar. Selanjutnya campuran udara dan bensin yang
sudah di tempatkan akan terbakar dan menimbulkan tenaga gerak atau
mekanink.
4. Langkah buang
- Merupakan akhir daari langkah usaha
- Piston bergerak dari TMB ke TMA
- Oleh karna piston Bergerak ke atas, maka gas hasil pembakaran di dalam silinder akan teradorong keluar melalui katup buang.
Cacatan :
Pada saat akhir langkah buang dan awal langkah isap, kedua katup
akan membuka sedikit (valve over lap) yang berfungsi sebagai langkah
pembilasan ( campuran udara dan bahan bakar baru mendorong gas sisa
hasil pembakran).
Secara umum, kendaraan bermotor
menggunakan motor pembakaran dalam (Internal Combustion Engine), mengingat
motor pembakaran jenis dalam ini mempunyai kelebihan yang banyak dibandingkan
dengan motor pembakaran luar.
Beberapa kelebihan tersebut antara
lain :
- Lebih hemat atau irit dalam
pemakaian bahan bakar,
- Kontruksi mesinnya lebih sederhana
dan lebih kecil,
- Berat tiap satu satuan tenaga
mekanisnya lebih kecil.
Cacatan
:
Pada saat akhir langkah
buang dan awal langkah isap, kedua katup akan membuka sedikit (valve over lap)
yang berfungsi sebagai langkah pembilasan ( campuran udara dan bahan bakar baru
mendorong gas sisa hasil pembakran).
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Berdasarkan hasil yang diperoleh dari praktikum ini maka, dapat disimpulkan bahwa :
Berdasarkan hasil yang diperoleh dari praktikum ini maka, dapat disimpulkan bahwa :
·
Motor
dibedakan dari proses kerjanya yaitu motor 4 takt dan motor 2 takt. Sedangkan
berdasarkan penyalaan bahan bakarnya motor juga dibedakan menjadi 2 yaitu motor
bensin dan motor diesel.
·
Untuk
motor bensin menggunakan bahan bakar bensin(premium), sedangkan untuk motor
diesel menggunakan bahan bakar solar atau minyak diesel.
·
Bagian-bagian
motor bakar terdiri dari silinder, piston, karbulator, governer dan magnet roda
gila.
Saran
·
Untuk
Laboratorium
Sebaiknya alat-alat dan
mesin yang ada di dalam laboratorium disusun dengan rapi, agar praktikan mudah
untuk mengamati dan mengambil gambar.
·
Untuk
Asisten
Baiknya dalam
melaksanakan praktikum, asisten juga ikut menemani praktikan dan memberikan
penjelasan mengenai ala-alat dan mesin yang ada di dalam lab.
DAFTAR
PUSTAKA
Anonim,
2010.http//:www.google.com.id.Diakses pada tanggal 27 Maret 2010 Makassar.
Anonim, 2010.http//:Blogspot.co.id.Diakses pada tanggal 27 Maret 2010 Makssar.
Anonim, 2010.http//:www.wikipedia.com.Diakses pada tanggal 27 Maret 2010 Makasar.
Arismunandar, 2005.Penggerak Mula Motor Bakar torak. Tiga Serangkai. Jakarta
Smith dan Wilkes, 2003.Mesin dan Peralatan Usaha Tani.Tiga Serangkai. jakarta
Okasatria, N dan Agus Budi Jatmiko. 2002. Motor Bakar. Perpustakaan UI : Jakarta.
Anonim, 2010.http//:Blogspot.co.id.Diakses pada tanggal 27 Maret 2010 Makssar.
Anonim, 2010.http//:www.wikipedia.com.Diakses pada tanggal 27 Maret 2010 Makasar.
Arismunandar, 2005.Penggerak Mula Motor Bakar torak. Tiga Serangkai. Jakarta
Smith dan Wilkes, 2003.Mesin dan Peralatan Usaha Tani.Tiga Serangkai. jakarta
Okasatria, N dan Agus Budi Jatmiko. 2002. Motor Bakar. Perpustakaan UI : Jakarta.
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan rahmat dan kesehatan
kepada kita semua, sehingga kita dapat melaksanakan suatu proses pembelajaran
sebagaimana yang terlaksana seperti sekarang ini.
Dalam
Makalah ini, saya mencoba membuat suatu pembahasan menganai Konsep Motor Bakar yang dapat saya sajikan yaitu beberapa
defenisi- defenisi dan berbagai gambar yang
diselesaikan langkah demi langkah, dan diberi komentar.
Makalah ini sangat
sederhana dan masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu, untuk membantu
kesempurnaan Makalah ini, maka saya sangat mengharapkan kritik dan saran dari
semua pihak terutama Bapak dan Ibu guru.
DAFTAR ISI
Kata pengantar
Daftar isi
BAB I PENDAHULUAN
Pengertian
motor bakar
BAB II PEMBAHASAN
Bagian-bagian
motor bakar serta fungsinya
Torak (batang
penggerak)
Poros engkol
Katup (klep)
Bentuk atau
jenis-jenis motor bakar
BAB III PENUTUP
Kesimpulan
Saran
Daftar isi
Comments
CARA TUNE UP MESIN BENSIN
Contoh Soal keselamatan kesehatan kerja Otomotif (K3)
DOWNLOAD KUMPULAN MODUL TEKNIK SEPEDA MOTOR LENGKAP
DOWNLOAD MODUL DASAR-DASAR PEMBENTUKAN LOGAM
DOWNLOAD MODUL MATERI PEMBELAJARAN SMK OTOMOTIF LENGKAP
DOWNLOAD MODUL MEMAHAMI DASAR-DASAR MESIN
Download Kumpulan Modul Pelajaran Otomotif Kelas X XI XII
Download Kumpulan Soal Otomotif untuk SMK
Download Modul Teknik Dasar otomotif
JOBSHEET PRAKTEK KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK SEPEDA MOTOR
KLASIFIKASI MOTOR BAKAR
MATERI CARA KERJA SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL
MATERI SISTEM PENGAPIAN SEPEDA MOTOR
MODUL KKPI - PENGELOLAAN INFORMASI
MODUL MATERI 1 GAMBAR TEKNIK UNTUK SMK
Materi Mesin Perkakas
Materi Otomotif Sistem Pendingin
Materi Pemeliharaan/servis Sistem Hidrolik
Materi Rem Cakram
Modul Lengkap Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO)
PRINSIP KERJA MOTOR 4 TAK ATAU 4 LANGKAH
Pengertian Penggerak roda ( FF, FR, RR, 4WD )
Prinsip Kerja Motor 2 Tak dan 4 Tak
Prinsip kerja Sytem EFI Pada Sepeda Motor
Soal-Soal Latihan Kelas XI kompetensi Teknik Kendaraan Ringan
modul materi mesin frais ( milling )