Pages

manfaat tomat/ jus tomat

Respons: 0 comments
Tomat adalah salah satu buah yang sangat polpuler sebagai bahan jus. Manfaat kesehatan jus tomat mentah telah terkenal sejak zaman dahulu. Bagaimana cara membuat jus tomat mentah? Berikut adalah resepnya.
Bahan
  • 2 buah tomat merah matang ukuran besar 
  • 1 sdm air perasan jeruk lemon
  • 1 batang seledri besar, potong-potong
  • air secukupnya
  • Madu secukupnya (opsional)
  • Es batu secukupnya (opsional)
Cara membuat Jus Tomat Mentah
1.     Cuci bersih tomat
2.     Seduh tomat dengan air mendidih, jika anda ingin mengupas tomat rendam tomat selama sekitar 2 menit sampai kulitnya ngelotok untuk memudahkan mengupas kulitnya.
3.     Potong-potong kasar tomat
4.     Masukkan tomat yang telah dipotong bersama potongan seledri dan air perasan jeruk lemon, tambahkan air seperlunya lalu blender hingga halus.
5.     Saring dan tuang ke dalam gelas.
6.     Tambahkan madu jika ingin rasa yang lebih manis
7.     Tambahkan es batu jika ingin disajikan segera, atau simpan di dalam kulkas.


Kandungan Jus Tomat
Buah tomat sendiri memiliki kandungan vitamin yang cukup banyak, antara lain vitamin A (1500 SI/100gr tomat masak) dan vitamin C (40 mg/100gr tomat masak).
Selain itu, tomat juga memiliki kandungan gizi lain seperti kalori, kalsium, protein, lemak dan juga karbohidrat. Selain itu, tomat juga memiliki beberapa zat penting seperti tomatin, lycopene, dan asam klorogenat.
Jadi, jika kita meminum jus tomat, kita juga mengkonsumsi berbagai zat yang sangat berguna bagi kesehatan. Mulailah menyukai tomat! Sudah banyak bukti bahwa jus tomat ini benar-benar bermanfaat.
Khasiat Jus Tomat
  • Mengobati berbagai penyakit
Dengan kandungan gizi yang sangat banyak, mengkonsumsi jus tomat secara rutin dan teratur bisa menghindarkan bahkan mengobati berbagai penyakit. Contohnya adalah gangguan pencernaan, gangguan empedu, diare dan bisa mencegah kolera.
Bahkan banyak pakar kesehatan yang menyimpulkan bahwa meminum jus tomat bisa menyembuhkan fungsi liver yang sedang mengalami gangguan.
  • Mencegah penyakit kanker
Jus tomat memiliki kandungan lycopene yang cukup banyak. Zat lycopene ini sendiri adalah zat antioksidan yang sangat baik dan efektif. Zat lycopene terbukti mampu menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Misalnya, kanker prostat, lambung, maupun kanker usus besar.
Kandungan asam klorogenat yang ada dalam jus tomat pun bisa melemahkan zat penyebat kanker atau biasa disebut sebagai zat nitrosamin yang memiliki efek negatif pada tubuh.
  • Menambah daya tahan tubuh
Salah satu khasiat jus tomat yang lain adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Sebelumnya kita telah mengetahui bahwa buah tomat itu sendiri memiliki kandungan vitamin yang sangat tinggi.
Dengan meminum jus tomat, vitamin-vitamin yang masuk ke dalam tubuh kita tentu memberi efek positif bagi daya tahan tubuh. Bila daya tahan tubuh meningkat, tubuh akan selalu menjadi sehat dan bugar, tentu penyakit pun tidak mudah menyerang.
  • Menyehatkan mata
Seperti yang banyak kita ketahui, mata yang berfungsi sebagai organ vital membutuhkan vitamin A untuk tetap sehat dan bisa melihat dengan sempurna. Kita tentu tidak ingin mata kita mengalami gangguan seperti rabun dekat ataupun rabun jauh.
Meminum jus tomat yang penuh dengan vitamin A, tentu berpengaruh sangat besar bagi kesehatan mata. Jadi, bila Anda ingin mata selalu sehat tanpa ada gangguan rabun sampai usia lanjut, rajin-rajinlah meminum jus tomat sejak dini. Manfaatnya sudah jelas teruji.
Jus tomat mungkin memang agak masam bila dibandingkan dengan minuman jus dari buah lain, tapi setelah Anda mengetahui berbagai khasiat jus tomat yang mengandung banyak zat-zat berharga, Anda tentu tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi jenis minuman yang satu ini, bukan?
Rasa masam yang tidak Anda suka hanyalah masalah kecil yang bisa disiasati dengan cara menambah gula atau pemanis yang lain dengan jumlah secukupnya. Jadi, tunggu apa lagi? Minum jus tomat sekarang juga dan rasakan manfaatnya!
KESIMPULAN
Meminum jus tomat yang penuh dengan vitamin A, tentu berpengaruh sangat besar bagi kesehatan mata. Jadi, bila Anda ingin mata selalu sehat tanpa ada gangguan rabun sampai usia lanjut, rajin-rajinlah meminum jus tomat sejak dini. Manfaatnya sudah jelas teruji.

No comments:

Copyright © @bang

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog