MAKALAH DAMPAK DAN PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PELAJAR
KATA PENGANTAR
Puji Syukur kami panjatkan
ke-hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan karuniaNyalah,
Makalah ini dapat terselesaikan dengan baik, tepat pada waktunya. Dengan
membuat tugas ini kami diharapkan mampu untuk lebih mengenal tentang dampak dan
pengaruh game online terhadap pelajar .
Kami sadar, sebagai seorang pelajar
yang masih dalam proses pembelajaran, penulisan makalah ini masih banyak
kekurangannya. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya kritik dan
saran yang bersifat positif, guna penulisan karya ilmiah yang lebih baik lagi
di masa yang akan datang.
Harapan kami, semoga makalah yang
sederhana ini, dapat memberi kesadaran tersendiri bagi generasi muda bahwa kita
juga harus mengetahui Asal Usul dan Perkembangan nenek moyang kita di Indonesia
.
Penulis,
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Game
adalah sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang
menang dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan
tujuan refreshing. Game Online adalah game yang berbasis elektronik dan visual.
Game Online dimainkan dengan memanfaatkan media visual elektronik yang biasanya
menyebabkan radiasi pada mata, sehingga matapun lelah dan biasanya diiringi
rasa sakit kepala.
Kemajuan
suatu teknologi sangat berkembang pesat di dunia yang global ini, tidak hanya
pada kota-kota besar, tetapi kota-kota kecilpun juga. Dalam 10 tahun terakhir,
permainan elektronik atau yang kita sering sebut dengan game online sudah
menjamur dimana-mana. Banyak sekali game center yang bermunculan. Game center
itu sendiri tidak seperti warnet, mereka memiliki pelanggan tetap yang lebih
banyak daripada warnet. Inilah yang membuat game center hampir selalu
ramai dikunjungi.
Game
saat ini tidak seperti game terdahulu, jika dahulu game hanya bisa maksimal
dimainkan dua orang, sekarang dengan kemajuan teknologi terutama jaringan
internet, game bisa dimainkan 100 orang lebih sekaligus dalam waktu yang
bersamaan. Walaupun game ditujukan untuk anak-anak, tidak sedikit pula orang
dewasa kerap memainkannya bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai pekerjaan
dan mendapat penghasilan dari bermain game.
Game
Online juga membawa dampak yang besar terutama pada perkembangan anak maupun
jiwa seseorang. Yang mendominasi memainkan game online adalah kalangan
pelajar, mulai dari SD, SMP, dan SMA. Pelajar yang sering memainkan
suatu game online, akan menyebabkan ia menjadi ketagihan atau
kecanduan. Ketagihan memainkan game online akan berdampak buruk, terutama
dari segi akademik dan sosialnya. Walaupun kita dapat bersosialisasi dalam game
online dengan pemain lainnya, Game Online kerap membuat pemainnya melupakan
kehidupan sosial dalam kehidupan sebenarnya.
B.
Rumusan
Masalah
- Apa dampak positif dari game online ?
- Apa dampak negatif dari game online ?
- Bagaimana cara mengatasi dampak negatif dari game online ?
C.
Tujuan
- Untuk mengetahui dampak positif game online bagi pelajar
- Untuk mengetahui dampak negatif game online bagi pelajar
- Untuk mengetahui cara mengatasi dampak negatif dari game online
D.
Manfaat
Adapun manfaat bagi pelajar sebagai
berikut :
- Agar pelajar dapat mengurangi waktu bermain game online.
- Agar pelajar menyadari adanya dampak negatif dari game online.
- Agar pelajar dapat mengatur waktu antara belajar dan bermain game online sehingga tidak merusak kesehatan.
E.
Metode
Dalam
membuat karya tulis ini saya mendapatkat informasi dari internet untuk
melengkapi data-data yang ada dan juga melalui wawancara kepada pemain-pemain
Game Online.
F.
Sistematika
Penyajian
Karya tulis ini disusun menjadi III
BAB yaitu BAB I, BAB II, dan BAB III yaitu :
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat
E. Metode
F. Sistematika Penyajian
BAB II ISI
A. Landasan Teori
a.
Sejarah
dan Perkembangan Game Online
b.
Pengertian
Game Online dan Tipe-tipeny
B. Pembahasan
a. Dampak Positif Game Online
b. Dampak Negatif Game Online
c. Dampak Kecanduan Game Online Bagi
Pelajar
d. Cara Mengatasi Dampak Negatif Game
Online
C. Hasil Wawancara
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Landasan
Teori
a.
SEJARAH
DAN PERKEMBANGAN GAME ONLINE
Perkembangan Game Online sendiri
tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan komputer itu
sendiri. Meledaknya game online sendiri merupakan cerminan dari pesatnya
jaringan komputer yang dahulunya berskala kecil (Small Local Network) sampai
menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang. Game Online saat ini
tidaklah sama seperti ketika game online diperkenalkan untuk pertama kalinya.
Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960, komputer hanya bisa dipakai untuk
2 orang saja untuk bermain game. Lalu muncullah komputer dengan kemampuan
Time-Sharing sehingga pemain yang bisa memainkan game tersebut bisa lebih
banyak dan tidak harus berada di satu ruangan yang sama (Multiplayer Game).
Lalu pada tahun 1970 ketika muncul
jaringan komputer berbasis paket (Packet Based Computer Networking), jaringan
komputer tidak hanya sebatas LAN (Local Area Network) saja tetapi sudah
mencakup WAN (World Area Network) dan menjadi Internet. Game Online pertama
kali muncul kebanyakan adalah game simulasi perang. Game ini kemudian
menginspirasi game-game lain muncul dan berkembang. Pada tahun 2001 adalah
puncak dari demam dotcom, sehingga penyebaran informasi mengenai Game Online
semakin cepat.
b.
PENGERTIAN
GAME ONLINE DAN TIPE-TIPENYA
Secara terminologi game online
berasal dari dua kata, yaitu game dan online. Game adalah permainan dan online
adalah terhubung dengan internet. Jadi, dapat disimpulkan game online adalah
game yang terhubung dengan koneksi internet atau LAN sehingga pemainnya dapat
terhubung dengan pemain lainnya yang memainkan permainan yang sama.
Tipe-tipe
game online yang dimainkan pelajar adalah:
1. First Person Shooter (FPS)
First Person Shooter (FPS) adalah game yang mengambil
pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang
berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini mengambil setting peperangan
dengan senjata-senjata militer (di Indonesia game jenis ini sering disebut game
tembak-tembakan). Contohnya adalah Point Blank, Cross
fire dan X-Shot.
2. Real-Time Strategy
Real-Time Strategy merupakan game yang permainannya
menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak
hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter. Contohnya
adalah Atlantika Online.
3. Cross-Platform Online
Cross-Platform Online merupakan game yang dapat
dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda contohnya Need
for Speed Undercover dapat dimainkan secara online dari PC
maupun Xbox 360 (Xbox 360) merupakan hardware/console game yang
memiliki konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online).
4. Browser Games
Browser Games merupakan game yang dimainkan pada
browser seperti Firefox, Opera, dan IE. Syarat dimana sebuah browser dapat
memainkan game ini adalah browser sudah mendukung javascript, php, maupun flash contohnya City
Ville, Castle Ville, dan Ninja Saga.
5. Massive Multiplayer Online Games
Massive Multiplayer Online Games adalah game
dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap
pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata. Contoh gamenya
adalah Ragnarok, Luna, dan Dota.
B.
Pembahasan
a.
Dampak
Positif Game Online
1.
Penggunaan
Bahasa Inggris
Salah satu permainan yang cukup
popular di kalangan anak-anak adalah Game Online dan Game Konsol. Permainan ini
biasanya dibuat oleh perusahaan luar negeri yang menggunakan Bahasa Inggris.
Saat memainkannya, anak secara tak langsung diharuskan untuk menguasai Bahasa
Inggris agar bisa menyelesaikan tantangannya. Ini adalah cara yang menyenangkan
bagi anak untuk belajar bahasa, karena tidak membebani mereka untuk duduk diam
dan belajar.
2.
Melatih
Logika
Game bergendre strategi. Saat
bermain, anak-anak harus menggunakan berbagai strategi untuk memanangkan game
tersebut. Permainan bisa membantu melatih penggunaan logika, menganalisa, dan
memecahkan masalah yang dihadapi.
3.
Melatih
Kemampuan Spasial
Melalui permainan, kemampuan spasial
anak yang berhubungan dengan kecerdasan gambar dan visualisasi akan terasah
atau terlatih. Kemampuan ini akan berpengaruh dengan kemampuan berhitung anak-anak.
Selain itu, permainan juga akan membantu penggunaan motorik halus anak.
4.
Pengenalan
Teknologi
Game Online dan Game Konsol secara
tak langsung akan mengajarkan anak untuk lebih memahami teknologi informasi
yang sedang berkembang sekarang ini.
5.
Kemampuan
Membaca
Bagi anak yang belum lancar membaca,
Game Konsol bisa jadi alat bantu yang tepat untuk membantu anak belajar
membaca. Beberapa game ada yang bersifat edukasi dan bisa membantu anak untuk
belajar dengan cara yang lebih asyik. Selain itu, saat bermain anak juga
diharuskan membaca setiap perintah yang diberikan oleh tokoh game dan narrator
game. Maka, secara tak langsung anak bisa belajar membaca dan mengeja secara
signifikan.
6.
Melatih
Kerjasama
Pada Game Multiplayer atau game
berpasangan, anak diajak untuk bisa berkoordinasi dan menjalin kerjasama dengan
teman-temannya ( anggota di dalam permainan ).
7.
Stimulasi
Otak
Para pemain bisa membuat permainan
sendiri sesuai dengan yang diinginkannya. Hal ini akan membantu stimulasi otak
dan proses berpikir untuk menciptakan scenario yang panjang dan rumit sebagai
bagian dari pengembangan kreativitas mereka.
8.
Mengembangkan Imajinasi
Permainan bisa membantu anak untuk
mengembangan imajinasi mereka. Anak bisa menggunakan imajinasi ini untuk
meyeimbangkan berbagai kejadian dalam game dan diaplikasikan di dunia nyata (
yang relevan dan positif ).
9.
Belajar
Ekonomi
Banyak game yang mengajarkan anak
nilai-nilai ekonomi, misalkan permainan berbelanja, mengatur restoran, dan
lain-lain. Permainan ini mengajarkan nilai uang dengan cara mendapatkan uang
dan menukarkannya dengan objek atau barang yang bisa memfasilitasi dalam
bermain game tersebut.
10. Meningkatkan Interaksi Keluarga
Game tidak hanya bisa dimainkan oleh
anak, tapi juga orang tua. Tak ada salahnya untuk sesekali bergabung dengan
anak untuk bermain bersama. Kebersamaan saat bersenang-senang ini akan
meningkatkan keakraban dan interaksi dalam keluarga.
Dampak Positif Game Online menurut
Jan Nehemiah :
1)
Bisa
belajar Bahasa Inggris secara tidak langsung
2) Memiliki banyak teman ( walaupun
hanya sebatas dunia maya )
3) Dapat menghasilkan uang ( Mengikuti
berbagai Turnamen dan berbagai kompetisi game online lain yang bisa mendapatkan
hadiah berupa uang )
4) Sebagai refreshing ketika selesai
ulangan
b.
Dampak
Negatif Game Online
1.
Menimbulkan
Adiksi (Kecanduan)
Sebagian besar game yang beredar
saat ini memang didesain supaya menimbulkan kecanduan para pemainnya. semakin
seseorang kecanduan pada suatu game maka pembuat game semakin diuntungkan
karena peningkatan pembelian gold/tool/karakter dan sejenisnya semakin
meningkat. Tapi keuntungan produsen ini justru menghasilkan dampak yang buruk
bagi kesehatan psikologis pemain game.
2.
Mendorong
melakukan hal-hal negatif
Walaupun jumlahnya tidak banyak
tetapi cukup sering kita menemukan kasus pemain game online yang berusaha
mencuri ID pemain lain dengan berbagai cara. Kemudian mengambil uang didalamnya
atau melucuti perlengkapannya yang mahal-mahal. Kegiatan mencuri ID ini
biasanya juga berlanjut pada pencurian akun lain seperti facebook, email dengan
menggunakan keylogger, software cracking dll.Bentuk pencurian ini tidak hanya
terbatas pada pencurian id dan password tetapi juga bisa menimbulkan pencurian
uang – meskipun biasanya tidak banyak (dari uang SPP misalnya) dan pencurian
waktu, misalnya membolos sekolah demi bermain game.
3.
Berbicara
kasar dan kotor
Entah ini terjadi di seluruh dunia
atau hanya Indonesia tetapi sejauh yang penulis temui di warnet-warnet
diberbagai kota. Para pemain game online sering mengucapkan kata-kata kotor dan
kasar saat bermain di warnet atau game center.
4.
Terbengkalainya
kegiatan di dunia nyata
Keterikatan pada waktu penyelesaian
tugas di game dan rasa asik memainkannya seringkali membuat berbagai kegiatan
terbengkalai. Waktu beribadah, tugas sekolah, tugas kuliah ataupun perkerjaan
menjadi terbengkalai karena bermain game atau memikirkannya. Apalagi banyak
permainan yang terus berjalan meskipun kita sudah offline.
5.
Perubahan
pola makan dan istirahat
Perubahan pola istirahat dan pola
makan sudah jamak terjadi pada gamers karena menurunnya kontrol diri. Waktu
makan menjadi tidak teratur dan mereka sering tidur pagi demi mendapat happy
hour (internet murah pada malam-pagi hari).
6.
Pemborosan
Uang untuk membayar sewa komputer di
warnet dan membeli gold/poin/karakter kadangkala nilainya bisa mencapai jutaan
rupiah. Belum lagi koneksi internet, dan upgrade spesifikasi komputer dirumah.
7.
Menggangu
kesehatan
Duduk terus menerus didepan komputer
selama berjam-jam jelas menimbulkan dampak negatif bagi tubuh
Contoh
Penyakit Yang Dapat Ditimbulkan Karena Game Online :
a)
Eye
Strain
adalah
kelelahan mata yang terjadi karena penggunaan mata secara berlebihan, melihat
obyek yang sama secara terus menerus misalnya layar komputer, TV, mikroskop dan
mengendarai mobil. Pada online gamers selain melihat monitor terus menerus,
mata juga semakin jarang berkedip yang justru menambah kelelahan.
b)
Ambeien
Duduk
dalam jangka waktu lama dapat menganggu sirkulasi darah dan menekan pembuluh
darah vena disekitar anus, menimbulkan penonjolan pembuluh darah yang terasa
panas dan sakit yang disebut ambeien atau wasir.
c)
Carpal
Tunnel Syndrome
adalah
penyakit yang disebabkan karena tekanan dan ketegangan pada saraf di
pergelangan tangan yang berfungsi merasakan dan pergerakan untuk bagian tangan
dan jari. Tekanan dan ketegangan ini dapat menyebabkan mati rasa, kesemutan,
kelemahan, atau kerusakan otot pada tangan dan jari
d)
Menurunkan
Metabolisme
Duduk
tanpa aktifitas fisik terlalu lama membuat otot tidak melakukan aktifitas yang
berakibat menurunnya metabolisme. Dalam jangka panjang dampaknya diantaranya
menurunnya massa otot, kegemukan, menurunnya sistem kekebalan tubuh sehingga
lebih mudah terserang penyakit. Sebenarnya ini efek-efek yang ditimbulkan
diatas tidak terbatas pada game online saja tetapi juga bisa terjadi pada
sebagian besar orang yang memainkan konsol game atau game pada ponsel pintar
karena pada dasarnya kebanyakan game dibuat supaya pemainnya ingin memainkannya
secara berulang-ulang dan kecanduan, tetapi dampaknya lebih besar pada online
gamers karena tingkat kecanduan yang tinggi.
c.
DAMPAK
KECANDUAN GAME ONLINE BAGI PELAJAR
Game online dapat memberikan dampak kecanduan bagi kalangan
pelajar dan merubah beberapa segi kehidupan mereka, diantaranya:
1.
Segi
Waktu
Dari segi
waktu, pelajar yang kecanduan game online akan menghabiskan waktu berjam-jam
untuk memainkan game online. Dan tidak jarang pula ada yang bolos sekolah untuk
bermain game online di warnet. Hal yang menyebabkan pelajar tersebut rela
menghabiskan waktunya diwarnet adalah ingin menaikkan pengalaman untuk
menaikkan level, menghilangkan stres, ingin menghabiskan waktu, mencari teman,
karena permainannya yang terus update dan tidak membosankan.
2.
Segi
Keuangan
Dari segi
keuangan, pelajar yang ketagihan memainkan game online akan menghabiskan
uangnya demi bermain game online yang dimainkannya. Adapun uang yang
dihabiskannya digunakan untuk membayar billing warnet game center yang harganya
mulai dari dua ribu perjam sampai tiga ribu perjam atau dan membeli uang
virtual game yang digunakan untuk membeli peralatan, barang, senjata, dan
bangunan dari suatu game online.
3.
Segi
Akademik
Dari segi
akademik, pelajar yang kecanduan game online akan sulit untuk membagi waktu
untuk bermain dan belajar. Sehingga ia akan lalai terhadap tugas-tugas yang
diberikan oleh guru. Sehingga mengakibatkan semangat belajarnya menurun dan
nilai akademiknya juga menurun.
4.
Segi
Psikologi
Dari segi
psikologi, ancaman paling umum saat seseorang
kecanduan adalah ketidakmampuannya dalam mengatur emosi. Individu
lebih sering merasa sedih, kesepian, malu, takut untuk keluar,
berada dalam situasi konflik keluarga yang tinggi,
dan memiliki self-esteem yang rendah. Hal ini
mempengaruhi hubungan dengan teman sekamar, siswa
lainnya, orangtua, teman, fakultas, dan
pembimbing. Pecandu juga kesulitan membedakan antara
permainan atau fantasi dan realita.
Pecandu cenderung menutupi masalah psikologis tersebut.
5.
Segi
Sosial
Dari segi
sosial, dalam hubungan dengan teman ataupun keluarga menjadi renggang
karena waktu bersama mereka menjadi jauh berkurang.Pergaulan pelajar
tersebut hanya di game online saja, sehingga membuat para pecandu
game online jadi terisolir dari teman-teman dan lingkungan pergaulan
nyata. Ketrampilan sosial berkurang, sehingga semakin merasa sulit
berhubungan dengan orang lain. Perilaku jadi kasar dan agresif karena
terpengaruh oleh apa yang kita lihat dan mainkan di game online.
6.
Segi
Kesehatan
Dari segi
kesehatan, Baroness Greenfield, profesor farmakologi di Universitas
Oxford menemukan tanda-tanda terhentinya pertumbuhan zat abu-abu di otak
pengguna internet berlebih yang semakin lama dapat memburuk dari waktu ke
waktu. Hal ini dapat mempengaruhi konsentrasi dan memori, serta kemampuan
mereka untuk membuat keputusan dan tujuan yang akan mereka tetapkan. Hal
tersebut juga bisa menyebabkan perilaku yang ‘tidak sopan’.
Satu set
gambar MRI difokuskan pada materi abu-abu di permukaan keriput otak atau
korteks, di mana pengolahan memori, emosi, ucapan, penglihatan, pendengaran dan
kontrol motor terjadi. Membandingkan materi abu-abu antara kedua kelompok
tersebut dapat menunjukkan terhentinya pertumbuhan di daerah kecil pada
beberapa dari semua otak pecandu game online.
Hasil scan
menunjukan semakin lama kecanduan internet akan menimbulkan kerusakan pada otak
lebih serius. “Ini merupakan kelainan struktural yang mungkin dikaitkan dengan
gangguan fungsional dalam kontrol kognitif. Hasil penelitian kami menyarankan
jangka panjang kecanduan internet akan mengakibatkan perubahan struktural otak.
Game online memberikan ketegangan yang tinggi pada mata orang yang
memainkannya. jika pelajar yang kecanduan game online memainkannya setiap hari
dan berjam-jam, maka mata pelajar tersebut sudah pasti menjadi rusak karena
penyiksaan yang dilakukan oleh game online yang dimainkan.
d.
Cara
Mengatasi Dampak Negatif Game Online
·
Cara
Agar Tidak Kecanduan :
1. Mengatur waktu belajar dan waktu
bermain.
2. Menabung uang untuk hal-hal yang
lebih bermanfaat
3. Membuat perencanaan hidup kedepan.
4. Menyadari dampak negatif dari
kecanduan game online
5. Berteman dengan orang yang baik dan
memiliki tujuan hidup.
6. Banyak melakukan ibadah.
7. Selalu berfikir positif dan
menghindari malas-malasan.
·
Cara
Mengatasi Orang yang sudah Kecanduan :
1. Dengan melakukan aktivitas-aktivitas
luar rumah seperti memanjat pohon, merasakan rumput di kaki dan merasakan
matahari di wajah.
2. Dengan metode spiritual thinking,
yaitu dengan dengan mengalihkan energi dan gairah pelajar tersebut menuju hal-hal
yang kreatif dan positif. Jika mereka bisa memprogramkan diri untuk menyenangi
televisi dan bermain game online, mereka mestinya juga bisa diprogramkan untuk
hal-hal lain yang lebih baik. Jika ia bisa candu untuk bermain game
online, maka merekapun juga bisa diprogramkan untuk candu belajar.
·
Hal-hal
yang dapat dilakukan orang tua
1. Bekerjasama dengan guru di sekolah
untuk turut memantau perkembangan belajar siswa.
2. Menjalin komunikasi informal agar
seorang anak bisa terbuka pada orang tua, sehingga orang tua bisa memberikan
pendidikan pada seorang anak tanpa sang anak merasa dihakimi.
3. Belajarlah tentang game online.
Sehingga Anda bisa berdiskusi dengan anak Anda tentang permainan tersebut. Jika
ini bisa terjadi, anak tidak akan perlu mencari pelarian dengan kawan-kawannya
untuk sekedar berdiskusi tentang permainan game online. Sehingga anak bisa
lebih betah di rumah karena bisa mendapatkan kawan mengobrol yang memahami
dunia mereka.
4. Berikan waktu khusus bermain game
online, dan tegasi anak Anda untuk tidak bermain di luar waktu yang sudah
disepakati. Ini menunjukkan bahwa Anda tidak sekedar melarang, namun memberikan
kelonggaran. Di sisi lain Anda mengajarkan anak Anda untuk bertanggung jawab
pada waktu yang dimilikinya.
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dalam perjalanannya, Game Online
telah menjalani perkembangan yang pesat, baik dari segi teknologinya mulai dari
dahulu hanya dipakai oleh militer untuk keperluan militer hingga bisa menjadi
industri maupun dari ragam jenisnya. Game online juga sudah mempengaruhi cara
kita bersosialisasi dengan orang lain. Game online membuat kita dapat
berinteraksi secara tidak langsung dengan orang lain. Akan tetapi efek dari
keranjingan games online juga dapat berdampak buruk tergantung pada diri masing
bagaimana cara mengontrolnya.
B.
Saran
Untuk mencegah terjadinya pengaruh
negatif dari game online, dapat dilakukan cara-cara berikut ini:
·
Cara
yang ditempuh pelajar agar tidak kecanduan Game Online:
1. Mengatur waktu belajar dan waktu
bermain.
2. Menabung uang untuk hal-hal yang
lebih bermanfaat
3. Membuat perencanaan hidup kedepan.
4. Menyadari dampak negatif dari
kecanduan game online
5. Berteman dengan orang yang baik dan
memiliki tujuan hidup.
6. Banyak melakukan ibadah.
7. Selalu berfikir positif dan
menghindari malas-malasan.
·
Cara
mengatasi pelajar yang sudah kecanduan Game Online:
1. Dengan melakukan aktivitas-aktivitas
luar rumah seperti memanjat pohon, merasakan rumput di kaki dan merasakan
matahari di wajah.
2. Dengan metode spiritual thinking,
yaitu dengan dengan mengalihkan energi dan gairah pelajar tersebut menuju
hal-hal yang kreatif dan positif. Jika mereka bisa memprogramkan diri untuk
menyenangi televisi dan bermain game online, mereka mestinya juga bisa
diprogramkan untuk hal-hal lain yang lebih baik. Jika ia bisa candu untuk
bermain game online, maka merekapun juga bisa diprogramkan untuk candu
belajar.
DAFTAR
PUSTAKA
http://reviandhika95.wordpress.com/2012/10/12/sejarah-dan-perkembangan-game-online/
(diakses pada
tanggal 15 November 2013)
http://geghans.blogspot.com/2010/02/jenis-jenis-atau-genre-games-online.html (diakses pada tanggal 15 November
2013)
http://aldinofall.wordpress.com/2010/11/06/cara-mengatasi-kecanduan-game-online/ (diakses pada tanggal 15 November
2013)
Comments