Contoh Laporan Praktik Kerja Industri TKR (SMK)


LEMBAR PENGESAHAN

Laporan Praktik Kerja Industri (Prakerin) ini di nyatakan di setujui untuk memenuhi salah satu syarat agar bisa mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian (UKK). Ujian Sekolah (US). dan Ujian Akhir Nasional (UAN).
Yang tertera namanya di bawah ini :
Nama        :
Kelas         : XII TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR)
Tempat      Xxxxxxx xxxxxxx xxxxxxx
Bersedia untuk mempertanggung jawabkan Laporan Praktik Kerja Industri (Prakerin) ini.

……………….,8 april 2018

                                                  Menyetujui

Pembimbing Prakerin                                            Pimpinan Perusahaan



xxxxxxxxxxxxxxx.                                                xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx.
NIP.xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx
                                                  Mengetahui

Kepala sekolah                                                       Ketua Jurusan



xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx                             xxxxxxxxxxxxxxxxxxx
NIP. 1xxxxxxxxxxxxxxxxxxx                             NIP.1xxxxxxxxxxxxxxx


MOTTO
"Belajar dari kemarin, hidup untuk hari ini, berharap untuk hari esok, dan yang terpenting adalah jangan sampai berhenti bertanya."






























KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha ESA. atas segalah limpahan rahmat dan Hidahyanya  sehingga penulis dapat menyelesaikan praktik kerja industri (Prakerin) di XXXXXXX XXXXXXX XXXXXXX selama 3 (tiga) bulan, dan menyusun laporan ini dalam bentuk yang sederhana.
Laporan ini disusun berdasarkan pengalaman dan ilmu yang penulis peroleh selama melaksanakan Prakerin, juga dibuat untuk memenuhi tugas sekolah sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Kompotensi Keahlian, Ujian Sekolah, Ujian Akhir Nasional dan sebagai pertanggungjawaban atas kegiatan praktik kerja industri yang telah penulis lakukan selama 3 (tiga) bulan.
Pada kesempatan ini penulis tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak-pihak yang telah banyak membantu penulis dalam menyelesaikan prakerin ini, antara lain :
1.      Bapak Drs. H. Abdul Muis, M. Pd Selaku Kepala XXXX X XXXXXXX.
2.      Bapak xxxxxxxxx,S.Pd Selaku Ketua Jurusan Teknik Kendaraan Ringan.
3.      Bapak Drs xxxxxxxxxxxxx selaku Pembimbing Selama Kegiatan Prakerin.
4.      Bapak Bengnga Selaku Kepala Xxxxxxx xxxxxxx xxxxxxx.
5.      Seluru guru-guru dan Staf XXXX X XXXXXXX yang telah turut memberikan bimbingan dan bekal ilmu pengetahuan
6.      Juga orang tua kami yang tak mengenal lelah membimbing kami menjadi manusia yang berdaya guna.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih terdapat banyak kekurangan, Untuk itu, penulis mengharapkan saran dan kritik dari pembaca untuk kesempurnaan laporan ini, penulis juga mohon maaf jika selama melaksankan praktik kerja industri, melakukan kesalahan dalam ucapan maupun perbuatan, penulis berharap semoga laporan ini bermamfaat dan berguna bagi pembaca, serta penulis sampaikan terimah kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan praktik kerja industri, dan pembuatan laporan prakerin ini.
                                                                                           
penulis


                                                                                               




DAFTAR ISI
                                                                                     

HALAMAN JUDUL............................................................................................
LEMBAR PENGESAHAN................................................................................. i
MOTTO................................................................................................................. ii
KATA PENGANTAR ......................................................................................... iii
DAFTAR ISI........................................................................................................ iv
BAB I..... PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang................................................................................. 1
B.  Maksud dan Tujuan......................................................................... 1
C. Ruang Lingkup................................................................................ 2
D. Dasar – Dasar Pelaksanaan Praktek Kerja Industri.......................... 2
E.  Waktu dan tempat Praktik Kerja Industri........................................ 3
BAB II... TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN
A.  Sejarah Singkat Perusahaan ............................................................ 4
B.  Visi dan Misi ................................................................................... 4
C. Peraturan dan Tata Tertib................................................................. 5
BAB III   PERSIAPAN KERJA
A.  Alat dan Bahan ............................................................................... 8
B.  Pengumpulan data............................................................................ 23
BAB IV   URAIAN KHUSUS
A.  Kendala ........................................................................................... 29
B.  Inovasi dan Improvisasi .................................................................. 29
BAB V    PENUTUP
A.  Kesimpulan...................................................................................... 31
B.  Saran................................................................................................ 32
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................... 33
LAMPIRAN......................................................................................................... 34









BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang pelaksanaan praktik kerjaindustri (PRAKERIN)
Pelaksanaan praktik kerja industri (prakerin) adalah sebuah pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha atau Dunia Industri yang relevan dengan kompetensi keahlian yang dimilikinya masing masing, dalam upaya meningkatkan mutu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan juga menambah bekal untuk masa masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti saat ini, selain itu dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak peralatan baru yang diciptakan guna menunjang banyaknya permintaan produksi barang atau jasa yang menimbulkan perubahan mendasar untuk mendapat pekerjaan, sehingga tenaga kerja dituntut bukan hanya memiliki kemampuan teknis belaka, tetapi juga harus lebih fleksibel dan berwawasan lebih luas, inovatif serta didukung dengan keterampilan yang kompeten, maka dengan adanya kegiatan prakerin siswa dan siswi dapat mengasah dan juga megimplementasikan materi yang didapatkannya di sekolah langsung ke dunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan kemampuannya masing masing.
Pada dasarnya praktik kerja industri (PRAKERIN) merupakan penyelenggaraan yang mengintegrasikan secara tersistem pendidikan dunia usaha dan industri. Pengintegrasian kegiatan pendidikan ini akan menghilangkan perbedaan standar nilai sekolah dan dunia kerja serta mendekatkan supply dan demand ketenaga kerjaan.

B.     Maksud dan Tujuan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)
Manfaat pelaksanaan kegiatan praktek kerja industry (PRAKERIN) adalah sebagai berikut:
1.      Meningkatkan memperluas, dan menetapkan keterampilan yang membentuk kemampuan dan mempersiapkan siswa-siswi untuk memasuki lapangan kerja sesuai dengan jurusan yang di pilih.
2.      Meningkatkan pengenalan siswa pada aspek-aspek usaha yang potensial dalam lapangan kerja antara lain struktur organisasi usaha,asosiasi usaha, jenjang kerja, dan menajemen usaha yang baru sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermutu.
3.      Menumbuhkembangkan dan menetapkan sikap potensial profesional yang diperlukan siswa untuk memasuki lapangan kerja sesuai dengan bakat dan minat khususnya Jurusan TEKNIK KENDARAAN RINGAN sehingga dapat membekali siswa-siswi sebagai agen perubahan di masa yang akan datang
Tujuan pelaksanaan kegiatan  praktik kerja industri (PRAKERIN) adalah sebagai berikut:
1.      Mengimplementasikan ilmu yang telah diperoleh selama pendidikan.
2.      Mempelajari mekanisme dan membantu kelancaran tugas oprasional pada instansi atau perusahaan dimana peneliti ditempatkan.
3.      Memperluas pandangan untuk berpikir dalam sebuah organisasi, khususnya dalam mengidentifikasi masalah yang dihadapi secara nyata.
4.      Melatih peneliti untuk menganalisis dan menyesuaikan teori dan keadaan yang sebenarnya dilakukan dilapangan atau dikantor, sehingga mendapat pengalaman dan pengetahuan yangdapat menujang teori-teori yang diperoleh dengan baik.
5.      Siswa dapat membandingkan konsep dan metode kerja akuntan pemerintah secara nyata
6.      Memperoleh gambaran sistem kerja yang baik sehingga dapat dipergunakan untuk :
a.       Mendekatkan siswa-siswi dengan implementasi administrasi publik di dalam organisasi khususnya organisasi publik secara nyata.
b.      Menginfestasi berbagai permasalahan administrasi publik dilokasi (PRAKERIN)

C.    Ruang lingkup
Adapun ruang lingkup yang  didapat penulis  selama  PRAKERIN yaitu: mengganti kampas rem belakang, cek busi, ganti oli transmisi, menganti oli mesin, mengganti oli diffrential.

D.    Dasar-Dasar Pelaksanaan Praktik Kerja Industri
Adapun dasar-dasar pelaksanaan praktik kerja industri adalah sebagai berikut:
1.        Kebijakan Pemerintah yang terdapat dalam GBHN tahun 1998 menetapkan bahwa tujuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) untuk menghasilkan tenanga terampil tingkat menengah yang layak Kerja Usaha di berbagai sektor pembangunan dan meningkatkan mutu yang relevan di Dunia Usaha Pendidikan sehingga terdapat kesinambungan.
2.        Undang-undang (UU) No. 2 Tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional.
3.        PP No. 39 Tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam pendidikan nasional.
4.        Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0490/U/1992 tentang Sekolah Menengah Kejuruan.
5.        Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 080/U/1993 tentang kurikulum SMK sebagai berikut, penyelenggara Pendidikan Luar Sekolah (PLS).
6.        Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No.080/U/1993 tentang Program Pendidikan dan Lapangan Kerja.
7.        Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No.323/U/1997 tentang penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda.
8.        Undang-undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
9.        Permendiknas No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Naasional Pendidikan.
10.    Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar isi.
11.    Permendiknas No.23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
12.    Permendiknas No.20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan

E.     Waktu dan tempat praktik kerja industri(PRAKERIN)
Waktu pelaksanaan praktik kerja industri (PRAKERIN) dilaksanakan selama 3 bulan yang dimulai pada tanggal 8 januari 2018 sampai dengan 8 april 2018. Tempat yang dipilih untuk melaksanakan praktek kerja industri (PRAKERIN) yaitu XXXXXXX XXXXXXX XXXXXXX cabang XXXXXXX yang beralamat di Jl. XXX XXXXXXX No. 166 XXXXXXX Sulawesi Selatan.

SELENGKAPNYA SILAHKAN KLIK DISINI

Comments

Unknown said…
Look at the way my acquaintance Wesley Virgin's story launches in this SHOCKING AND CONTROVERSIAL VIDEO.

Wesley was in the army-and shortly after leaving-he discovered hidden, "mind control" tactics that the CIA and others used to get everything they want.

As it turns out, these are the exact same SECRETS many famous people (especially those who "became famous out of nothing") and elite business people used to become wealthy and successful.

You probably know that you use less than 10% of your brain.

Really, that's because most of your brainpower is UNCONSCIOUS.

Perhaps that conversation has even occurred INSIDE your very own brain... as it did in my good friend Wesley Virgin's brain about 7 years back, while riding an unlicensed, trash bucket of a vehicle with a suspended license and $3 in his bank account.

"I'm so frustrated with living paycheck to paycheck! When will I become successful?"

You've been a part of those those thoughts, isn't it so?

Your success story is waiting to start. You just have to take a leap of faith in YOURSELF.

UNLOCK YOUR SECRET BRAINPOWER
Ranyrxny said…
KISAH CERITA SAYA SEBAGAI NAPI TELAH DI VONIS BEBAS ALLHAMDULILLAH

DARI BERKAT BANTUAN BPK Dr. H. Ridwan Mansyur , S.H., M.H BELIAU SELAKU PANITERA MUDA DI KANTOR MAHKAMAH AGUNG (M.A) DAN TERNYATA BELIAU BISA MENJEMBATANGI KEJAJARAN PA & PN PROVINSI.

Assalamu'alaikum sedikit saya ingin berbagi cerita kepada sdr/i , saya adalah salah satu NAPI yang terdakwah dengan penganiayaan pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman 2 Tahun 8 bulan penjara, singkat cerita sewaktu saya di jengut dari salah satu anggota keluarga saya yang tinggal di jakarta, kebetulan dia tetangga dengan salah satu anggota panitera muda perdata M.A, dan keluarga saya itu pernah cerita kepada panitera muda M.A tentang masalah yang saya alami skrg, tentang pasal 351 KUHP, sampai sampai berkas saya di banding langsun ke jakarta, tapi alhamdulillah keluarga saya itu memberikan no hp pribadi bpk Dr. H. Ridwan Mansyur ,S.H., M.H Beliau selaku panitera muda perdata di kantor M.A pusat, dan saya memberanikan diri call beliau dan meminta tolong sama beliau dan saya juga menjelas'kan masalah saya, dan alhamdulillah beliau siap membantu saya setelah saya curhat masalah kasus yang saya alami, alhamdulillah beliau betul betul membantu saya untuk di vonis dan alhamdulillah berkat bantuan beliau saya langsun di vonis bebas dan tidak terbukti bersalah, alhamdulillah berkat bantuan bpk Dr. H. Ridwan Mansyur, S.H., M.H beliau selaku ketua panitera muda perdata di kantor Mahkamah Agung R.I no hp bpk Dr. H. Ridwan Mansyur , S.H.,M.H 0823-5240-6469 Bagi teman atau keluarga teman yang lagi terkenah musibah kriminal, kalau belum ada realisasi masalah berkas anda silah'kan hub bpk Dr. H. Ridwan semoga beliau bisa bantu anda. Wassalam.....

Popular posts from this blog

NERACA OHAUS

MAKALAH FAKTOR PENGHAMBAT PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA