Pages

lidah buaya

Respons: 0 comments


     BAB I

PENDAHULUAN




A.     Latar Belakang Masalah

Selama ini kita mengenal bermacam-macam  tanaman, baik tanaman hijau, tanaman  bunga,  maupun  tanaman  hias.  Tetapi  banyak  orang  yang  belum mengenal khasiat dari tumbuhan           lidah buaya. Ternyata setelah diteliti lebih dalam tentang tanaman lidah buaya ini banyak mengandung nutrisi yang cukup lengkap antara lain vitamin A, B1, B2, B3, B21, C E dan kandungan Choline, Inositol, dan Folic acid. Sedangkan kandungan mineralnya.
Bagian-bagian dari lidah buaya yang digunakan yaitu (1) daun dapat digunakan langsung baik secara tradisional maupun dalan bentuk ekstraknya, (2) eksudat atau getah daun yang keluar bila dipotong, rasa pahit dan kental secara tradisional               biasanya     digunakan                        langsung            untuk   pemeliha-raan               rambut, penyembuhan  luka  dan  sebagainya.  (3)  Gel  bagian  berlendir  yang  diperoleh dengan menyayat bagian dalam daun setelah eksudat dikeluarkan, bersifat mendinginkan, dan mudah rusak sehingga dibutuhkan proses pengolahan yang lebih lanjut agar diperoleh gel yang stabil dan tahan lama. Dengan demikian penulis mengambil judul tentang Lidah buaya dapat menyuburkan rambut
B.      Perumusan Masalah

Adapun perumusan masalah yakni sebagai berikut:

a.   Apa itu lidah buaya?

b.   Bagai mana cara tanam  tentang lidah buaya?





c.   Apa manfaat lidah uaya?

d.   Apa khasiat lidah buaya?

C.     Ruang Lingkup Penulisan

Adapun ruang lingkup penulisan yakni sebagai berikut: BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah

1.2 Perumusan masalah

1.3 Ruang lingkup penulisan

BAB II PEMBAHASAN

2.1 Tanaman Lidah Buaya

2.2 Cara Menanam Lidah Buaya

2.3 Manfaat Lidah Buaya

BAB III PENUTUP

3.1 Kesimpulan





BAB II

PEMBAHASAN




  1. Tanaman Lidah Buaya



Tanaman lidah buaya (Aloe vera) dewasa ini merupakan salah satu komoditas pertanian daerah tropis yang mempunyai peluang sangat besar untuk dikembangkan di Indonesia sebagai usaha agribisnis dengan prospek yang cukup menjanjikan. Hal tersebut mengingat potensi sumber daya alam Indonesia yang telah terbukti sangat sesuai untuk budidaya tanaman lidah buaya, yaitu seperti yang telah ditunjukkan dari pengalaman budidaya tanaman tersebut di berbagai daerah terutama di pulau Jawa dan Kalimantan. Budidaya lidah buaya di Kota Pontianak Propinsi Kalimantan Barat mampu menghasilkan produksi 8.000 kg/ha, dengan bagian pelepah yang dipanen dapat mencapai 1,5 kg per pelepah dan panjang pelepah mencapai 70 cm.

Beberapa keunggulan kompara-tif dari tanaman lidah buaya antara lain pemeliharaannya yang relatif mudah, produksi relatif lebih tahan lama dari pada produk hortikultura lainnya (tidak mudah busuk) dan gangguan hama/penyakit relatif kecil. Prospek pengusahaan tanaman ini juga ditun-jang dengan kenyataan bukti-bukti manfaat dan kegunaan lidah buaya yang sangat luas serta permintaan pasar yang cukup besar terhadap komoditas tersebut.

Lidah buaya mempunyai kan-dungan nutrisi yang cukup  lengkap antara lain vitamin A, B1, B2, B3, B21, C E dan kandungan Choline, Inositol, dan Folic





acid. Sedangkan kandungan mineralnya antara lain Calcium, Magnesium, Potassium, Sodium, Iron, Zinc, dan Chromium. Enzim yang terkandung dalam lidah buaya antara lain Amylase, Catalase, Cellulose, Carboxypeptidase, Carboxyhelolase, dan Brandykinase. Selain itu lidah buaya mengandung Asam Amino yaitu Arginine, Asparagin, Asparatic Acid, Analine, Serine, Valine, Glutamat, Threonine, Glycine, Lycine, Yrozine, Proline, Histidine, Leucine, dan Isoliucine (Dinas Pertanian Tanaman Pangan Propinsi Kalimantan Barat, 1998)
Bagian-bagian dari lidah buaya yang digunakan yaitu (1) daun dapat digunakan langsung baik secara tradisional maupun dalan bentuk ekstraknya, (2) eksudat atau getah daun yang keluar bila dipotong, rasa pahit dan kental secara tradisional               biasanya     digunakan                        langsung            untuk   pemeliha-raan               rambut, penyembuhan  luka  dan  sebagainya.  (3)  Gel  bagian  berlendir  yang  diperoleh dengan menyayat bagian dalam daun setelah eksudat dikeluarkan, bersifat mendinginkan, dan mudah rusak sehingga dibutuhkan proses pengolahan yang lebih lanjut agar diperoleh gel yang stabil dan tahan lama.
  1. Cara Menanam Lidah Buaya

Cara menanam lidah buaya tidak terlalu sulit seperti  kita menanam  bunga ros untuk menanam  lidah buaya  cukup membutuhkan  diantaranya:
- Daun lidah buaya  yang sudah tua

-  Pisau dll

Kalau kita ingin menanamnya  di dalam  pas bunga  kita tinggal menyimpan  daun yang sudah tua  ke dalam pas bunga  yang sudah diberi tanah, di dalam pemilihan tanah dibutuhkan  tanah yang sedikit mengeras.





Kalau kita ingin  menanamnya  di tanah kita  cukup menggali lubang  sedalam 15 cm  untuk hasil yang lebih bagus  berilah pupuk kotoran  ayam/kambing karena dengan diberi pupuk ayam/kambing lidah buaya akan lebih bagus.
Jika kita memberikan pupuk alami   daun, dan daging   pada lidah buaya akan lebih hijau  dan tebal.  Siramlah tanaman dua kali sehari pagi dan sore.
Dan bersihkan  tanaman ini  dari rumput-rumput  liar  yang ada di sekelilingnya jangan sampai  rumput liar tumbuh bersama lidah buaya.
  1. Manfaat Lidah Buaya

Lidah buaya (Aloe vera) dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak khasiat. Tanaman ini tergolong ke dalam suku Liliaceae. Pemanfaatan lidah buaya semakin lama semakin berkembang. Dahulu lidah buaya dikenal sebagai obat penyubur rambut, penyembuh luka, perawatan kulit, bahan baku industri farmasi dan kosmetika, bahan makanan dan minuman kesehatan. Orang-orang kini banyak memanfaatkan lidah buaya untuk pengobatan selain karena lidah buaya mudah didapat juga obat-obatan dengan bahan lidah buaya tidak menggunakan bahan pengawet kimia.

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit mematikan yang banyak menyerang manusia. Penyakit kanker bisa tumbuh dimana saja. Kanker adalah segolongan penyakit yang ditandai dengan pembelahan sel yang tidak terkendali dan kemampuan sel-sel tersebut untuk menyerang jaringan biologis lainnya, baik dengan pertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ke tempat yang jauh (metastasis). Pertumbuhan yang tidak terkendali tersebut  disebabkan  kerusakan  DNA,  menyebabkan  mutasi  di  gen  vital  yang





mengontrol pembelahan sel. Dengan memanfaatkan lidah buaya sebagai alternatif pengobatan penyakit kanker dalam kemasan sirup dapat mencegah penyebaran penyakit  kanker.  Penyakit  kanker  kebanyakan  diderita  oleh  para  perempuan. Suatu laporan dari data Cancer and Diet menunjukkan bahwa dalam suatu penyelidikan di Inggris pada wanita berusia di bawah 30 tahun yang mempunyai bibit kanker payudara yang telah diangkat, ditemukan bahwa 25 tahun kemudian
80 % dari mereka meninggal dunia. Kanker yang banyak diderita oleh perempuan adalah kanker payudara, dan disusul kemudian kanker paru-paru.

Di dalam lidah buaya terdapat banyak kandungan zat gizi yang diperlukan tubuh dengan lengkap,diantaranya yaitu vitamin A, B, B2, B3,B12, C, E, choline, inositol, dan asam folat. Selain vitamin dalam lidah buaya juga terdapat mineral makro dan mikro yaitu kalsium (Ca), magnesium (Mg), potassium (K), sodium (Na), besi (Fe), zinc (Zn), dan kromiun (Cr). Selain itu dalam lidah buaya juga terdapat berbagai macam enzim diantaranya amilse, ktalase, carboxypeptidase, bradykinase. Beberapa unsur vitamin dan mineral tersebut dapat berfungsi sebagai pembentuk antioksidan alami. Antioksidan ini yang berfungsi untuk mencegah datangnya berbagai penyakit. Unsur-unsur yang ditemukan pada daun lidah buaya menunjukan adanya hubungan yang saling sinergis dalam mempertahankan antioksidan  dalam  tubuh.  Sebagai  alternatif  menyembuhkan  penyakit  kanker Lidah Buaya berfungsi menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pencegahan penyakit kanker, sehingga dapat menghambat penyebaran penyakit kanker secara alami.





Berdasarkan hal tersebut maka pada penelitian ini akan dilakukan pembuatan sirup lidah buaya dengan tujuan sebagai alternatif pencegahan kanker. Selain itu, untuk mengetahui seberapa besar aktivitas oksidan yang yang terdapat dalam  sirup  lidah  buaya.  Dengan  adanya  permasalahan  ini  solusi  yang  tepat adalah dengan pemanfaatan lidah buaya dalam kemasan sirup untuk mencegah penyakit kanker.





BAB III


PENUTUP





  1. Kesimpulan



Akhirnya penulis dapat menyimpulkan bahwa tanaman lidah buaya merupakan tanaman yang dapat menyehatkan rambut selain itu di dalam lidah buaya terdapat banyak kandungan zat gizi yang diperlukan tubuh dengan lengkap,diantaranya yaitu vitamin A, B, B2, B3,B12, C, E, choline, inositol, dan asam folat. Selain vitamin dalam lidah buaya juga terdapat mineral makro dan mikro yaitu kalsium (Ca), magnesium (Mg), potassium (K), sodium (Na), besi (Fe), zinc (Zn), dan kromiun (Cr). Selain itu dalam lidah buaya juga terdapat berbagai      macam   enzim              diantaranya              amilse,        ktalase,            carboxypeptidase, bradykinase. Beberapa unsur vitamin dan mineral tersebut dapat berfungsi sebagai pembentuk antioksidan alami. Antioksidan ini yang berfungsi untuk mencegah datangnya berbagai penyakit. Unsur-unsur yang ditemukan pada daun lidah buaya menunjukan adanya hubungan yang saling sinergis dalam mempertahankan antioksidan dalam tubuh.

Sebagai alternatif menyembuhkan penyakit kanker Lidah Buaya berfungsi menstimulasi kekebalan  tubuh  terhadap  serangan penyakit kanker,  serta dapat digunakan               sebagai           nutrisi                    pencegahan           penyakit         kanker,      sehingga  dapat menghambat penyebaran penyakit kanker secara alami



DAFTAR ISI
Kata pengantar                                                             
Daftar isi                                                                      
BAB I PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang Masalah                                  
B.        Perumusan masalah                                         
C.        Ruang lingkup penulisan                                 

BAB II PEMBAHASAN

A.           Tanaman Lidah Buaya                                  
B.           Cara Menanam Lidah Buaya                         
C.           Manfaat Lidah Buaya                                    

BAB III PENUTUP

A.          Kesimpulan                                                    


HASIL DAN ANALISIS /PEMBAHASAN

Tanah alami
pertumbuhan
hasil
pupuk
Cabe 1
subur
sedang
-
Cabe 1
subur
banyak
kandang



No comments:

Copyright © @bang

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog