Makalah PHBS



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat, hidayah serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan tugas makalah Kewirausahaan dengan pokok bahasan “Penerapan PHBS di Tatanan Pelayanan Kesehatan”.
Kami menyadari bahwa makalah yang kami selesaikan ini masih jauh dari kesempurnaan. Seperti kata pepatah "tak ada gading yang tak retak", oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran dari semua kalangan yang bersifat membangun guna kesempurnaan makalah kami selanjutnya.
Ucapkan terima kasih kami kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Serta kami berharap agar makalah ini dapat bermanfaat bagi semua kalangan.


PENYUSUN





















DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR                                                                                            
DAFTAR ISI                                                                                                            
BAB 1 PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang                                                                                            
B.     Rumusan Masalah                                                                                       
C.    Tujuan                                                                                                          

BAB 2 PEMBAHASAN
A.    Landasan Teori                                                                                            
B.     Promosi Kesehatan                                                                                      
C.    Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)                                                 
D.    Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Tatanan Pelayanan Kesehatan    
E.     Perlunya Pembinaan PHBS di tatanan Pelayanan Kesehatan                
F.     Tujuan, Sasaran, dan Manfaat PHBS di Tatanan Pelayanan Kesehatan          

BAB 3 PENUTUP
Kesimpulan                                                                                                               

DAFTAR PUSTAKA                                                                                             









BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Kesehatan merupakan kondisi dimana kita berada jauh atau terbebas dari penyakit. Merupakan suatu yang mahal jika dibandingkan dengan hal-hal yang lain. Bagaimana tidak, harta yang melimpah, memiliki paras tampan atau cantik, memiliki badan tegap dan gagah, semuanya itu akan sirna dengan sekejap jika kita terserang penyakit atau tidak sehat. Dengan penyakit harta bisa habis digunakan untuk berobat, paras tampan atau cantik berubah menjadi pucat dan tidak enak untuk dipandang, badan yang tegap dan gagah seketika roboh dikarenakan lemas dan lesu akibat kondisi tubuh yang menurun drastis.
Beginilah alur kehidupan, semuanya menjadi seimbang. Ada sehat dan ada sakit, kita tidak akan selalu sehat dan kita juga tidak akan selalu sakit. Semuanya itu bagaimana kita bisa menjaga diri untuk terhindar dari penyakit sehingga kesehatan itu merupakan hal yang mutlak harus dijaga.
Mencegah sakit adalah lebih mudah dan murah dari pada mengobati seseorang apabila jatuh sakit. Salah satu cara untuk mencegah hal tersebut adalah dengan bergaya hidup sehat. Gaya hidup sehat adalah segala upaya untuk menerapkan kebiasaan yang baik dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindarkan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan. Dengan semakin banyaknya penderita penyakit tidak menular (degeneratif) seperti jantung, tekanan darah tinggi, kanker, stress dan penyakit tidak menular lainnya yang disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat, maka untuk menghindarinya kita perlu bergaya hidup yang sehat
Tidak jarang istilah PHBS terdengar di masyarakat. Jika dilihat dari kepanjangannya yakni Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, tentu kita langsung mengetahui apa itu PHBS, singkat kata mengenai perilaku seseorang menyangkut kebersihan yang dapat mempengaruhi kesehatannya. Banyak penyakit dapat dihindari dengan PHBS, mulai dari Diare, DBD, flu burung, atau pun flu babi yang akhir-akhir ini marak.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan promosi kesehatan ?
2.      Bagaimana perilaku hidup bersih dan sehat ?
3.      Bagaimana penerapan PHBS di tatanan pelayanan kesehatan ?
4.      Apa tujuan PHBS di tatanan pelayanan kesehatan ?
5.      Apa manfaat PHBS di tatanan pelayanan kesehatan ?

C.    Tujuan Penulisan
1.       Mahasiswa dapat mengetahui tentang promosi kesehatan !
2.       Mahasiswa dapat mengetahui tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) !
3.       Mahasiswa dapat mengetahui penerapan PHBS di tatanan pelayanan kesehatan !
4.       Mahasiswa dapat mengetahui tujuan PHBS di tatanan pelayanan kesehatan
5.       Mahasiswa dapat mengetahui manfaat PHBS di tatanan pelayanan kesehatan !















BAB II
PEMBAHASAN
A.    Landasan Teori
Keadaan sehat adalah kehendak semua pihak, tidak hanya di dominasi oleh perorangan, akan tetapi juga harus dimiliki oleh kelompok dan bahkan oleh masyarakat. Dalam UU Kesehatan RI No.36 Tahun 2009, “ Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis”. Hal ini berarti bahwa kesehatan pada diri seseorang atau individu itu mencakup aspek fisik, mental, spiritual dan sosial demi tercapainya keadaan yang sejahtera bagi seseorang baik dengan produkivitasnya dan juga ekonominya.
Sejalan dengan itu menurut Bloom (1974), derajat kesehatan dipengaruhi oleh 4 faktor yaitu faktor lingkungan, faktor  perilaku, faktor  keturunan dan faktor pelayanan kesehatan. Dari ke-4 faktor tersebut, faktor ke-2 yaitu faktor perilaku sangat berpengaruh dalam kesehatan seseorang, terutama dalam penerapan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) baik dilingkungan pribadi, keluarga, maupun masyarakat.
Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan langkah yang harus dilakukan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal bagi setiap orang. Kondisi sehat tidak serta merta terjadi, tetapi harus senantiasa kita upayakan dari yang tidak sehat menjadi hidup yang sehat serta menciptakan lingkungan yang sehat. Upaya ini harus dimulai dari menanamkan pola pikir sehat yang menjadi tanggung jawab kita kepada masyarakat dan harus dimulai dan diusahakan oleh diri sendiri. Upaya ini adalah untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya sebagai satu investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif. Dalam mengupayakan perilaku ini dibutuhkan komitmen bersama-sama saling mendukung dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya keluarga sehingga pembangunan kesehatan dapat tercapai maksimal.


B.     Promosi Kesehatan
Promosi kesehatan/pendidikan kesehatan merupakan cabang dari ilmu kesehatan yang mempunyai dua sisi, yakni sisi ilmu dan sisi seni. Dilihat dari sisi seni, yakni praktisi atau aplikasi pendidikan kesehatan adalah merupakan penunjang bagi program-program kesehatan lain. Ini artinya bahwa setiap program kesehatan yang telah ada misalnya pemberantasan penyakit menular/tidak menular, program perbaikan gizi, perbaikan sanitasi lingkungan, upaya kesehatan ibu dan anak, program pelayanan kesehatan dan lain sebagainya sangat perlu ditunjang serta didukung oleh adanya promosi kesehatan.
Promosi kesehatan bukanlah hanya proses penyadaran masyarakat atau pemberian dan peningkatan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan semata, akan tetapi di dalamnya terdapat usaha untuk dapat memfasilitasi dalam rangka perubahan perilaku masyarakat. Dalam hal ini organisasi kesehatan dunia WHO telah merumuskan suatu bentuk definisi mengenai promosi kesehatan : “Health promotion is the process of enabling people to increase control over, and improve, their health. To reach a state of complete physical, mental, and social, well-being, an individual or group must be able to identify and realize aspirations, to satisfy needs, and to change or cope with the environment“. (Ottawa Charter,1986).
Jadi, dapat disimpulkan dari kutipan tersebut diatas bahwa Promosi Kesehatan adalah proses untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan kesehatannya. Selain itu untuk mencapai derajat kesehatan yang sempurna, baik fisik, mental, dan sosial, maka masyarakat harus mampu mengenal serta mewujudkan aspirasinya, kebutuhannya, dan mampu mengubah atau mengatasi lingkungannya (lingkungan fisik, sosial budaya dan sebagainya).
Selanjutnya, Australian Health Foundation merumuskan batasan lain pada promosi kesehatan sebagai berikut : “Health promotion is programs are design to bring about “change”within people, organization, communities, and their environment ”. Artinya bahwa promosi kesehatan adalah program-program kesehatan yang dirancang untuk membawa perubahan (perbaikan), baik di dalam masyarakat sendiri, maupun dalam organisasi dan lingkungannya.
Dengan demikian bahwa promosi kesehatan adalah kombinasi berbagai dukungan menyangkut pendidikan, organisasi, kebijakan dan peraturan perundangan untuk perubahan lingkungan dan perilaku yang menguntungkan kesehatan (Green dan Ottoson,1998). Promosi kesehatan merupakan proses pemberdayaan masyarakat agar mampu memelihara dan meningkatkan kesehatannya. Proses pemberdayaan tersebut dilakukan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat; Artinya proses pemberdayaan tersebut dilakukan melalui kelompok-kelompok potensial di masyarakat, bahkan semua komponen masyarakat. Proses pemberdayaan tersebut juga dilakukan dengan menggunakan pendekatan sosial budaya setempat. Proses pembelajaran tersebut juga dibarengi dengan upaya mempengaruhi lingkungan, baik lingkungan fisik termasuk kebijakan dan peraturan perundangan.
Visi dari Promosi Kesehatan yaitu meningkatnya kemampuan masyarakat untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan, baik fisik, mental, dan sosialnya sehingga produktif secara ekonomi maupun sosial.
Misi dari Promosi Kesehatan yaitu :
1.      Advokat
Melakukan kegiatan advokasi terhadap para pengambil keputusan di berbagai program dan sektor yang terkait dengan kesehatan.
2.      Menjembatani
Menjadi jembatan dan menjalin kemitraan dengan berbagai program dan sektor yang terkait dengan kesehatan.
3.      Meningkatkan
Memberikan kemampuan atau keterampilan kepada masyarakat agar mereka mampu memelihara dan meningkatkan kesehatan mereka sendiri secara mandiri.


§  Aspek Penting dalam Kesehatan
a)      Lingkungan
b)      Perilaku 
c)      Kesehatan 

C.    PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat)
1.1  TUJUAN PHBS
PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) memiliki tujuan yaitu  meningkatkan pengetahuan, kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat agar hidup bersih dan sehat serta masyarakat termasuk swasta dan dunia usaha berperan serta aktif mewujudkan derajat kesehatan yang optimal.
1.2  TATANAN PHBS
PHBS berada di lima tatanan yakni:
1.            Sepuluh Indikator PHBS di Tatanan Rumah Tangga:
a.       Persalinan ditolong oleh Tenaga Kesehatan.
b.      Memberi bayi ASI eksklusif.
c.       Menimbang bayi dan balita.
d.      Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun.
e.       Menggunakan air bersih.
f.       Menggunakan jamban sehat.
g.      Memberantas jentik di rumah.
h.      Makan sayur dan buah setiap hari.
i.        Melakukan aktivitas fisik setiap hari.
j.        Tidak merokok di dalam rumah.

2.            Indikator PHBS di Tatanan Sekolah :
a.       Mencuci tangan dengan air bersih mengalir dan sabun.
b.      Mengkonsumsi jajanan di warung /kantin sekolah.
c.       Menggunakan jamban yang bersih dan sehat.
d.      Olahraga yang teratur dan terukur.
e.       Memberantas jentik nyamuk.
f.       Tidak merokok.
g.      Menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap bulan.
h.      Membuang sampah pada tempatnya.

3.            Indikator PHBS di Tatanan Tempat Kerja :
a.       Kawasan tanpa asap rokok.
b.      Bebas jentik nyamuk.
c.       Jamban sehat.
d.      Kesehatan dan keselamatan kerja.
e.       Olahraga teratur.

4.            Indikator PHBS di Tatanan Tempat Umum :
a.       Menggunakan jamban sehat.
b.      Memberantas jentik nyamuk.
c.       Menggunakan air bersih.

5.            Indikator PHBS di Tatanan Fasilitas Kesehatan :
a.       Menggunakan air bersih.
b.      Menggunakan jamban yang bersih dan sehat.
c.       Membuang sampah pada tempatnya.
d.      Tidak merokok.
e.       Tidak meludah sembarangan.
f.       Memberantas jentik nyamuk.
Namun yang akan dibahas disini adalah “Penerapan PHBS Ditatanan Pelayanan Kesehatan

D.    PHBS di Tatanan Pelayanan Kesehatan
Institusi kesehatan adalah sarana yang diselenggarakan oleh pemerintah/swasta atau perorangan yang digunakan untuk kegiatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, seperti rumah sakit, puskesmas, dan klinik swasta. PHBS di institusi kesehatan merupakan upaya untuk memberdayakan pasien, masyarakat pengunjung, dan petugas agar tahu, mampu, dan mampu mempraktikkan hidup perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam mewujudkan intitusi kesehatan ber-PHBS. PHBS di Pelayanan Kesehatan sangat diperlukan sebagai salah satu upaya untuk mencegah penularan penyakit, infeksi nosokomial dan mewujudkan Institusi Kesehatan yang sehat. Syarat institusi sehat yaitu :
·         Menggunakan air bersih
·         Mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun
·         Menggunakan jamban
·         Membuang sampah pada tempatnya
·         Tidak merokok di Institusi Kesehatan
·         Tidak meludah sembarangan
·         Memberantas jentik nyamuk

E.     Perlunya Pembinaan PHBS di tatanan Pelayanan Kesehatan
Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Institusi Kesehatan sangat diperlukan sebagai salah satu upaya untuk mencegah penularan penyakit dan mewujudkan Institusi
KesehatanSehat.Oleh karena itu, sudah seharusnya semua pihak ikut rnemelihara, menjaga dan mendukung terwujudnya Institusi kesehatan Sehat.

PHBS DI INSTITUSI KESEHATAN
PHBS di Institusi Kesehatan adalah upaya untuk memberdayakan pasien, masyarakat pengunjung dan petugas agar tahu, mau dan mampu untuk mempraktikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan berperan aktif dalam mewujudkan Institusi Kesehatan Sehat.
     


F.     Tujuan, Sasaran, dan Manfaat PHBS di Tatana Pelayanan Kesehatan Tujuan PHBS di Tatanan Pelayanan Kesehatan:
·        Mengembangkan perilaku hidup bersih dan sehat di institusi kesehatan.
·        Mencegah terjadinya penularan penyakit di institusi kesehatan.
·        Menciptakan Institusi kesehatan yang sehat.

Sasaran PHBS di Tatanan Pelayanan Kesehatan:
·         Pasien.
·         Keluarga Pasien.
·         Pengunjung.
·         Petugas Kesehatan di institusi kesehatan.
·         Karyawan di institusi kesehatan.

Manfaat PHBS di Tatanan Pelayanan Kesehatan:
·         Bagi Pasien/Keluarga Pasien/Pengunjung :
§  Memperoleh   pelayanan   kesehatan   di   institusi
§  Kesehatan yang sehat.
§  Terhindar dari penularan penyakit.
§  Mempercepat proses penyembuhan penyakit dan
§  Peningkatan kesehatan pasien.
·         Bagi Institusi Kesehatan :
§  Mencegah terjadinya penularan penyakit di institusi kesehatan.
§  Meningkatkan citra institusi kesehatan yang baik sebagai tempat untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pendidikan kesehatan bagi masyarakat.
·         Bagi Pemerintah Daerah :
§  Peningkatan persentase Institusi Kesehatan Sehat menunjukkan kinerja dan citra Pemerintah Kabupaten/Kota yang baik.
§  Kabupaten/Kota dapat dijadikan pusat pembelajaran bagi daerah lain dalam pembinaan PHBS di Institusi Kesehatan.
Dukungan untuk PHBS di Tatanan Pelayanan Kesehatan
PHBS di Institusi Kesehatan dapat terwu-jud apabila ada keinginan dan kemampuan dari para pengambil keputusan di lingkungan pemerintah daerah, institusi kesehatan dan lintas sektor terkait

Beberapa contoh perilaku di atas terlihat sangat sederhana, seperti halnya pengertian PHBS sendiri yang terasa begitu mudah dimengerti, namun diperlukan ketekunan dan kedisiplinan dalam penerapannya.
Untuk mengoptimalkan promosi tersebut maka para provider kesehatan yang memiliki andil terbesar untuk menyadarkan masyarakat.
Diharapkan untuk terus berkreasi mensosialisasikan pentingnya perilaku yang tepat pada masyarakat.



















BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
1.      PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran, sehingga keluarga beserta semua yang ada di dalamnya dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat.
2.      Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Antara lain :
·         Mandi dua kali sehari dengan sabun mandi.
·         Menggosok gigi sehabis makan dan waktu akan tidur.
·         Buang air besar dijamban/WC
·         Mencuci tangan setelah buang air besar & sebelum makan dengan sabun
·         Membuang sampah ditempat sampah
·         Mengganti pakaian sekali sehari dan pakaian jangan tetrlalu sempit
·         Pakaian dicuci sampai bersih dengan sabun cuci
·         Memetong kuku setiap minggu
·         mencuci rambut minimal dua kali seminggu atau setiap kali rambut kotor
·         Tidur dengan waktu yang cukup









DAFTAR PUSTAKA

Notoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. PT. Rhineka Cipta : Jakarta.
Promosi Kesehatan. 2008. (Online), (http://iqbal-iqi.blogspot.com/ ,diakses pada 31 Maret 2012)
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. 2011. (Online), (http://www.perdhaki.org/content/perilaku-hidup-bersih-dan-sehat ,diakses pada 31 Maret 2012)
Pradana, A. 2012. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. (Online), (http://info-kesehatan-kita.blogspot.com/2012/01/perilaku-hidup-bersih-dan-sehat-phbs.html ,diakses pada 31 Maret 2012)
Pusat Promosi Kesehatan. 2012. Promosi Kesehatan Dalam Pencapaian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). (Online), (http://www.promosikesehatan.com/?act=program&id=12 ,diakses pada 31 Maret 2012)
Promosi Kesehatan. (Online), (http://id.wikipedia.org/wiki/Promosi_kesehatan ,diakses pada 31 Maret 2012)



Catatan- Untuk mengatur dengan baik gunakan format margins 4.4.3.3 dan spasi 1.5 dengan menggunakan kertas A4..

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH FAKTOR PENGHAMBAT PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

NERACA OHAUS

Contoh Laporan Praktik Kerja Industri TKR (SMK)