BELAJAR DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Teori Belajar/Aliran Fsikologi Kognitif Dalam Pembelajaran Matematika)



KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami ucapkan pada Tuhan Yang Maha Esa karena atas kasih karunia-Nyaakhirnya makalah ini dapat kami selesaikan.
Sesuai dengan bimbingan dari Ibu Dosen akhirnya kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan sebaik mungkin. Adapun topik makalah yang kami bawakan adalah tentang Psikologi Pembelajaran Matematika Aliran Kognitif.
Kognitif merupakan suatu proses yang terjadi dalam akal pikiran manusia. Belajar adalah suatu aktifitas mental atau psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan pemahaman, keterampilan dan nilai sikap. Perubahan itu bersifat secara relatif dan berbekas.
Akhir kata bila ada kesalahan dalam penulisan dalam makalah ini kami mohon maav dan kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca untuk menyempurnakan makalah ini. Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih.

  
Penyusun













DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.        Latar Belakang Masalah
B.         Rumusan Masalah
C.         Tujuan Pembahasan
D.        Mamfaat Penulisan
BAB II PEMBAHASAN
A.        Pengertian Teori Belajar Kognitif
B.         Teori - Teori belajar Kognitif
C.         Hubungan Psikologi Teori Belajar Dengan Proses Pembelajaran
D.        Aplikasi Teori Belajar Kognitif Dalam Pembelajaran
BAB III PENUTUP
A.        Kesimpulan
B.         Saran
DAFTAR PUSTAKA         




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Psikologi kognitif menyatakan bahwa prilaku manusian tidak ditentukan oleh stimulus yang berada di luar dirinya,melainkan faktor yang ada pada dirinya sendiri. Faktor-faktor internal itu berupa kemampuan atau putensi yang  berfungsi untuk mengenal dunia luar drngan pengalaman itu manusia bisa mampu memberi respon terhadap stimulus. Berdasarkan pandangan itu, teori psikologi kognitif memandang pembelajaran sebagai proses pemfungsian unsur-unsur kognisi terutama unsur fikiran untuk dapat mengenal dan memahami stimulus yang datang dari luar. Dengan kata lain aktifitas pada diri manusia ditekankan pada proses internal dalam berfikir. Yakni, proses pengelolaan informasi.
Titik fokus yang menjadi pusat perhatian suatu teori selalu ada. Ada yang lebih mementingkan proses belajar, ada yang lebih mementingkan sistem informasi yang diolah daam proses belajar, dan lain-lain.  Namun faktor-faktor lain diluar titik fokus itu seperti lingkungan juga selalu diperlukan untuk menjelaskan proses belajar.
Pembelajaran menurut aliran kognitif, yang mana dalam pembelajaran kognitif menitik beratkan belajar aktif, belajar lewat interaksi social, belajar lewat pengalaman pribadi ini di kemukakan oleh jean piaget. Aliran kognitif berjalan dengan baik dan sekerang ini diterapkan seperti pada kurikulum berbasis tujuan pendidikan yang mana didalamnya mempunyai aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Jadi siswa di tuntut untuk aktif di dalam kelas ini merujuk pada pembelajaran menurut aliran kognitif yang menjadikan siswa dapat aktif di dalam proses pembelajaran karena di dalam pembelajarannya guru hanya sebagai fasilitator, sedangkan siswa di sini tidak menjadi objek pembelajaran akan tetapi siswa sebagai subjek dari pembelajaran
Pembahasan ini sangat penting karena mengingat proses belajar yang terjadi didalam kelas berlangsung dalam proses komunikasi yang berisi pesan-pesan yang berkaitan dengan fakta, konsep, prinsip dan keterampilan yang sering digunakan dalam sehari-hari. Proses pembelajaran dituntut untuk secara aktif berpartisipasi. Keaktifan berpartisipasi ini memberikan kesempatan yang luas mengembangkan potensi, bakat yang dimiliki oleh masing-masing siswa.

Rumusan Masalah
1.      Apa defenisi psikologi teori belajar kognitif?
2.      Bagaimana teori-teori belajar kognitif?
3.      Bagaimana Hubungan psikologi teori belajar dengan proses pembelajaran?
4.      Bagaimana aplikasi teori belajar kognitif dalam pembelajaran?

Tujuan Pembahasan
1.          Untuk mengetahui defenisi Psikologi Teori Belajar Kognitif 
2.          Untuk mengetahui Teori-teori belajar kognitif
3.          Untuk mengetahui hubungan psikologi teori belajar dengan proses pembelajaran
4.          Untuk mengetahui aplikasi teori belajar kognitif dalam pembelajaran.

Manfaat Penulisan
1.            Bagi Guru
Untuk mengetahui perkembangan kognitif siswa sehingga guru dapat menerapkan secara aktif dan menyesuakan cara / metode yang digunakan dalam pembelajaran  sehingga memperoleh hasil yang maksimal.
2.            Bagi Pembaca
Sebagai bahan referensi                              






BAB II
PEMBAHASAN

A.    Teori Belajar Kognitif
Belajar merupakan salah satu kebutuhan hidup manusia yang paling penting dalam upaya mempertahankan hidup dan mengembangkan diri. Dalam dunia pendidikan belajar merupakan aktivitas pokok dalam penyelenggaraan proses belajar-mengajar.  Dimana melalui belajar seseorang dapat memahami sesuatu konsep yang baru atau melalui perubahan tingkah laku, sikap dan keterampilan.
Teori belajar kognitif lebih menekankan pada cara-cara seseorang menggunakan pemikirannya untuk belajar, mengingat, dan menggunakan pengetahuan yang telah dipeorleh dan disimpan pikirannya secara efektif.
Psikologi kognitif menyatakan bahwa perilaku manusia tidak ditentukan oleh stimulus yang berada diluar dirinya, melainkan oleh faktor yang ada pada dirinya sendiri. Faktor-faktor intern ini berupa kemampuan atau potensi yang berfungsi untuk mengenal dunia luar dan dengan pengenalan itu manusia mampu memberikan respon terhadap stimulus. Berdasarkan pandangan tersebut teori belajar psikologi kognitif memandang belajar sebagai proses perfungsian kognisi, terutama unsur pikiran, dengan kata lain bahwa aktivitas belajar pada diri manusia ditentukan pada proses internal dalam pikiran yakni proses pengolahan informasi.
Ciri – ciri aliran belajar kognitif :
1.      Mementingkan apa yang ada dalam diri manusia.
2.      Mementingkan peranan kognitif
3.      Mementingkangkan kondisi waktu sekarang
4.      Mementingkan oembentukan struktur kognitif
5.      Mengutamakan keseimbangan dalam diri manusia
6.      Mengutamakan insight (pengertian, pemahaman)
Sesuai dengan kriteria matematika maka belajar matematika lebih cenderung termasuk ke dalam aliran belajar kognitif yang proses dan hasilnya tidak dapat dilihat langsung dalam konteks perubahan tingkah laku.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya belajar adalah suatu proses usaha yang melibatkan aktivitas mental yang terjadi dalam diri manusia sebagai akibat dari proses interaksi aktif dengan lingkungannya untuk memperoleh suatu perubahan dalam bentuk pengetahuan, pemahaman, tingkah laku, keterampilan dan nilai sikap yang bersifat relatif dan berbekas.

B.     Teori – Teori Belajar Kognitif
1.      Teori Piaget
Jean Piaget menyebutkan bahwa struktur kognitif sebagai Skemata (Schemas), yaitu kumpulan dari skema-skema. Seorang individu dapat mengikat, memahami, dan  memberikan respon terhadap stimulus disebabkan karena bekerjanya skemata ini. Skemata ini berkembang secara kronologis, sebagai hasil interaksi individu dengan lingkungannya, sehingga individu yang lebih dewasa memliki struktur kognitif yang lebih lengkap dari pada ketika ia masih kecil. Perkembangan skemata ini terus-menerus melalui adaptasi dengan lingkungannya. Skemata tersebut membentuk suatu pola penalaran tertentu dalam pikiran anak. Makin baik kualitas skema ini, makin baik pulalah pola penalaran anak tersebut. Proses terjadinya adaptasi dari skemata yang telah terbentuk dengan stimulus baru dilakukan dengan dua cara, yaitua similasi dan akomodasi. Asimilasi adalah pengintegrasian stimulus baru kedalam skemata yang telah terbentuk secara langsung. Akomodasi adalah proses pengintegrasian stimulus baru kedalam skema yang telah terbentuk secara tidak lansung.

Tahap perkembangan kognitif:
·         Tahap Sensori Motor (sejak lahir sampai dengan 2 tahun)
Bagi anak yang berada pada tahap ini, pengalaman diperoleh melalui perbuatan fisik (gerakan anggota tubuh) dan sensori(koordinasi alat indra).
·         Tahap Pra Operasi (2 tahun sampai dengan 7 tahun)
Ini merupakan tahap persiapan untuk pengorganisasian operasi konkrit. Operasi konkrit adalah berupa tindakan tindakan kognitif seperti mengklasifikasikan sekelompok objek, menata letak benda berdasarkan urutan tertentu dan membilang.
·         Tahap Operasi Konkrit(7 tahun sampai dengan 11 tahun)
Umumnya anak-anak pada tahap ini telah memahami konsep kekekalan, kemampuan mengklasifikasi, mampu memandang suatu objek dari sudut pandang yang berbeda secara objektif, dan mampu berfikir reversible.
·         Tahap Operasi Formal (11 tahun dan seterusnya)
Tahap ini merupakan tahap akhir dari perkembangan kognitif secara kualitas. Anak pada tahap ini sudah mampu malakukan penalaran dengan menggunakan hal-hal yang abstrak. Anak mampu bernalar tanpa harus berhadapan dengan objek atau peristiwanya langsung, dengan hanya menggunakan simbol-simbol, ide-ide, abstraksi dan generalisasi.
Kaitan antara teori belajar Piaget dengan penggunaan media pembelajaran matematika ini adalah pada tahap operasi konkrit dimana siswa tidak akan bisa memahami konsep tanpa benda-benda konkrit.

2.      Teori Bruner
Jerome s. Bruner  (1915) adalah seorang ahli psikologi belajar kognitif. Pendekatannya tentang psikologi adalah eklektik. Penelitiannya yang demikian banyak itu meliputi persepsi manusia, motivasi, belajar, dan berfikir. Dalam mempelajari manusia, ia menganggap manusia pemproses, pemikir, dan pencipta informasi (dalam wilis Dahar, 1988;118) Jerome Brunner menyatakan bahwa belajar matematika akan lebih berhasil jika proses pengajaran anak diarahkan pada konsep-konsep dan struktur-struktur yang termuat dalam pokok bahasan yang diajarkan, disamping hubungan yang terkait antara konsep-konsep dan struktur-struktur tersebut. Bruner menyarankan keaktifan anak dalam proses belajar secara penuh agar anak dapat mengenal konsep dan struktur yang tercakup dalam bahan yang sedag dibicarakan, sehingga anak akan memahami materi yang harus dikuasainya itu.
Dalam proses pembelajaran hendaknya siswa diberi kesempatan untuk memanipulasi benda-benda dengan menggunakan media pembelajaran matematika. Melalui penggunaan media pembelajaran matematika yang ada, siswa akan melihat langsung keteraturan dan pola strukur yang terdapat dalam penggunaan media pembelajaran matematika yang diperhatikannya.
Menurut Bruner, jika seseorang memmpelajari pengetahuan (Misalnya mempelajari suaatu konsep matamatika), pengetahuan itu perluh dipelajari dalam tahap-tahap tertentu, agar pengetahuan itu dapat diinteralisasi dalam fikiran(struktur kognitif) orang tersebut. Proses internalisasi akan terjadi secara sungguh-sungguh (yang berarti proses belajar terjadi secara optimal) jika pengetahuan yang dipelajari itu dalam 3 tahap, yang macam dan urutannya adalah sebagai berikut (dalam Suwarsono,2002;26):

1.      Tahap Pengaktif
Suatu tahap pembelajaran sutu pengetahuan dimana pengetahuan itu dipelajari secara aktif, dengan menkongkret atau menggunakan  situasi yang nyata.
2.      Tahap Ikonik
Suatu tahap pembelajaran sesuatu pengetahuan dimana pengetahuan itu direpresentasikan (diwujudkan) dalam bentuk bayangan visual (visual imagery), gamabr, atau diagram, yang menggambarkan kegiatan konkret yang terdapat pada tahap penaktif tersebut diatas

3.      Tahap Simbolik
Suatu  tahap pembelajaran dimana pengetahuan itu direpresentasikan dalam bentuk simbol-simbol abstrak (abstract symbols yaitu symbol-simbol arbiter yang dipakai berdasarkan kesepakatan  orang-orang  dalam  bidang bersangkutan ), baik simbol-simbol verbal (Misalnya huruf-huruf, kata-kata, kalimat-kalimat) lambing-lambang  matematika  maupun lambing-lambang abstrak lainnya

Dalil-dalil yang didapatkan Bruner setelah mengadakan pengamatan ke sekolah-sekolah:
a.      Dalil Penyusunan (construction the orem)
Dalil ini menyatakan bahwa jika anak ingin mempunyai kemampuan menguasai konsep, teorema, definisi dan semacamnya, anak harus dilatih untuk melakukan penyusunan representasinya. Ini berarti, jika anak aktif dan terlibat dalam kegiatan mempelajari konsep yang dilakukan dengan jalan memperlihatkan representasi tersebut, maka anak akan lebih memahaminya.

b.      Dalil Notasi (notation the orem)
Notasi memiliki peranan penting dalam penyajian konsep. Penggunaan notasi dalam menyatakan sebuah konsep tertentu harus disesuaikan dengan tahap perkembangan mental anak. Penyajiannya dilakukan dengan pendekatan spiral, dimana setiap ideide matematika disajikan secara sistematis dengan menggunakan notasi-notasi yang bertingkat.

c.       Dalil Kekontrasan dan Keanekaragaman (contrasand variation the orem)
Pengontrasan dan keanekaragaman sangat penting dalam  melakukan pengubahan konsep dipahami dengan mendalam, diperlukan contoh-contoh yang banyak, sehingga anak mampu mengetahui karakteristik konsep tersebut.

d.      Dalil Pengaitan (connectivity the orem)
Dalam matematika itu satu konsep dengan konsep lainnya terdapat hubungan erat, bukan saja dari segi isi, namun juga dari segi rumus-rumus yang digunakan.Materi yang satu merupakan prasyarat bagi yang lainnya atau konsep yang satudi perlukan untuk menjelaskan konsep lainnya.


4.      Teori Gestalt
Tokoh aliran ini adalah John Dewey. Ia mengemukakan bahwa pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang diselenggarakan oleh guru harus memperhatikan hal-hal berikut ini:
a.      Penyajian konsep harus lebih mengutamakan pengertian,
b.      Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar harus memperhatikan kesiapan intelektual siswa
c.       Mengatur suasana kelas agar siswa siap belajar.

5.      Teori Brownell
W.Brownell mengemukakan bahwa belajar matematika harus merupakan belajar bermakna dan belajar pengertian. Dia juga menegaskan bahwa belajar pada hakikatnya merupakan suatu proses yang bermakna.

6.      Teori Dienes
Zoltan P.Dienes adalah seorang matematikawan yang memfokuskan perhatiannya pada cara pengajaran. Dienes menekankan bahwa dalam pembelajaran sebaiknya dikembangkan suatu proses pembelajaran yang menarik sehingga bisa meningkatkan minat siswa terhadap pelajaran matematika. Dienes mengungkapkan bahwa dalam proses pembelajaran sangatlah penting untuk menyajikan konsep-konsep atau prinsip-prinsip matematika dalam bentuk yang konkrit. Hal ini dilakukan agar konsep dan prinsip tersebut dapat dipahami dengan baik oleh siswa. Ini mengandung arti bahwa benda-benda atau obyek-obyek dalam bentuk permainan akan sangat berperan bila dimanipulasi dengan baik dalam pengajaran matematika.

7.      Teori Van Hiele
Dalam pengajaran geometri terdapat teori belajar yang dikemukakan oleh Van Hiele (1954), yang menguraikan tahap-tahap perkembangan mental anak dalam geometri. Van Hiele adalah seorang guru bangsa Belanda yang mengadakan penelitian dalam pengajaran geometri. Menurut Van Hiele ada tiga unsur dalam pengajaran matematika yaitu waktu, materi pengajaran dan metode pengajaran, jika ketiganya ditata secara terpadu maka akan terjadi peningkatan kemampuan berfikir anak kepada tingkatan berfikir lebih tinggi.

Tahap belajar anak dalam belajar geometri:
·         Tahap pengenalan (visualisasi)
Anak mulai belajar mengenai suatu bentuk geometri secara keseluruhan, namun belum mampu mengetahui adanya sifat-sifat dari bentuk geometri yang dilihatnya itu.
·         Tahap analisis
Anak sudah mulai mengenal sifat-sifat yang dimiliki dan keteraturan-keteraturan yang terdapat pada benda geometri yang diamatinya.
·         Tahap pengurutan
Anak sudah mampu menarik kesimpulan atau disebut berfikir deduktif walaupun belum berkembang secara penuh. Anak juga sudah mampu mengurutkan keteraturan-keteraturan yang sudah dikenali sebelumnya.
·         Tahap deduksi
Anak sudah mampu menarik kesimpulan secara deduktif. Anak sudah mulai memahami dalil atau menggunakan aksioma dan postulat yang digunakan dalam pembuktian.
·         Tahap akurasi
Anak sudah mulai menyadari pentingnya ketepatan dari prinsip-prinsip dasar yang melandasi pembuktian.

Hubungan aliran kognitif dengan pembelajaran
Psikologi kognitif menyatakan bahwa perilaku manusia tidak ditentukan oleh stimulus yang berada dari luar dirinya , melainkan oleh faktor yang ada pada dirinya sendiri. Faktor-faktor internal itu berupa kemampuan atau potensi yang berfungsi untuk mengenal dunia luar, dan dengan pengalaman itu manusia mampu memberikan respon terhadap stimulus. Berdasarkan pandangan itu, teori psikologi kognitif memandang belajar sebagai proses pemfungsian unsur-unsur kognisi, terutama unsure pikiran, untuk dapat mengenal dan memahami stimulus yang datang dari luar. Dengan kata lain, aktivitas belajar pada diri manusia ditekankan pada proses internal dalam berfikir, yakni proses pengelolaan informasi.
Kegiatan pengelolaan informasi yang berlangsung di dalam kognisi itu akan menentukan perubahan perilaku seseorang. Bukan sebaliknya jumlah informasi atau stimulus yang mengubah perilaku. Demikian pula kinerja seseorang yang diperoleh dari hasil belajar tidak tergantung pada jenis dan cara perberian stimulus, melainkan lebih ditentukan oleh sejauh mana sesaeorang mampu mengelola informasi sehingga dapat disimpan dan digunakan untuk merespon stimulus yang berada di sekelilingnya. Oleh karena itu teori belajar kognitif menekankan pada cara-cara seseorang menggunakan pikirannya untuk belajar, mengingat dan menggunakan pengetahuan yang telah diperoleh dan disimpan didalam didalam pikirannya secara efektif.
Teori belajar kognitif menekankan pada kemampuan siswa dan menganggap bahwa siswa sebagai subjek didik. Jadi siswa harus aktif dalam proses belajar mengajar, Fungsi guru adalah menyediakan tangga pemahaman yang puncaknya adalah tangga pemahaman paking tinggi, dan siswa harus mencari cara sendiri agar dapat menaiki tangga tersebut. Jadi peran guru adalah:
a)      Memperlancar proses pangkonstruksian pengetahuan dengan cara membuat informasi secara bermakna dan relevan dengan siswa,
b)      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan atau menerapkan gagasannya sendiri , dan
c)      Membimbing siswa untuk menyadari dan secara sadar menggunakan strategi belajar sendiri.

Aplikasi Teori Belajar Kognitif  Dalam Pembelajaran
Hakekat belajar menurut teori kognitif dijelaskan sebagai suatu aktifitas belajar yang berkaitan dengan penataan informasi, reorganisasi perseptual, dan proses internal. Dalam merumuskan tujuan pembelajaran, mengembangkan strategi dan tujuan pembelajaran tidak lagi mekanistik sebagaimana pada teori behavioristik namun dengan memperhitungkan kebebasan dan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses belajar agar belajar lebih bermakna bagi siswa.
Karakteristik dari proses belajar ini adalah:
a.       Belajar merupakan proses pembentukan makna berdasarkan pengetahuan yang sudah dimiliki melalui interaksi secara langsung dengan obyek.
b.      Belajar merupakan proses pengembangan pemahaman dengan membuat pemahaman baru.
c.       Agar terjadi interaksi antara anak dan obyek pengetahuan, maka guru harus menyesuaikan obyek dengan tingkat pengetahuan yang sudah dimiliki anak.
d.      Proses belajar harus dihadirkan secara autentik dan alami. Anak dihadirkan dalam situasi obyek sesungguhnya dan harus sesuai dengan perkembangan anak.
e.       Guru mendorong dan menerima otonomi dan insiatif anak.
f.       Memberi kegiatan yang menumbuhkan rasa keingintahuan siswa dan membantu mereka untuk mengekspresikan ide dan mengkomunikasikannya dengan orang lain.
g.      Guru menyusun tugas dengan menggunakan terminologi kognitif yaitu meminta anak untuk mengklasifikasi, menganalisa, memprediksi.
h.      Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk merespon proses pembelajaran.
i.        Guru memberi kesempatan berpikir setelah memberi pertanyaan.









BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Psikologi pembelajaran matematika aliran kognitif adalah kajian studi ilmiah mengenai proses-proses mental atau pikiran. Proses ini meliputi bagaimana informasi dipeorleh, dipresentasikan dan ditransperkan sebagai pngetahuan. Pengetahuan itu muncul kembali sebagai petunjuk dalam sikap dan perilaku manusia. Oleh karena it, psikologi kognitif juga disebut psikologi pemproses informasi.
Prinsip – prinsip  utama pembelajaran kognitif adalah :
1.          Pembelajaran yang aktif
2.          Prinsip pembelajaran dengan interaksi sosial untuk menambah khasanah perkembangan kognitif siswa dan mengahdiri kodnitif yang bersifat egoisentris.
3.          Belajar dengan menerapkan apa yang dipelajari agar siswa mempunyai pengalaman dalam mengeksplorasi kognitifnya lebih dalam.
4.          Adanya guru yang memberikan arahan agar siswa tidak melakukan banyak kesalahan dalam kesempatannya untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang positif.
5.          Pembelajaran dilakukan dari pengenalan umum ke khusus (Ausable) dan sebaliknya dari khusus ke umum atau dari konkrit ke abstrak (Piaget).
6.          Pembelajaran tidak akan berhenti sampai ditemukan unsur-unsur baru lagi untuk dipelajari.
B.     Saran
Dari kesimpulan diatas kami memberikan beberapa saran sebagai berikut;
1.      Bagi guru , supaya dapat mengefektifkan cara belajar siswa yang aktif , menunjang    prestasi siswa , dan mengembangkan  ranah kognitif.
2.      Bagi pembaca ,Makalah ini belum sempurna sebagaimana yang diperlukan maka kami sangat mengharapkan kritik, saran, ide demi memperbaiki makalah berikutnya.

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu dan Supriono, Widodo. (1991). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Biggs, J.B & Collis, K.F. (1982). Evaluating The Quality Of Learning: the SOLO Taxonomy. New York: Academic Press
Suherman, Erman & Winataputra, Udin S. (1992). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Dipdikbud. Jakarta.
Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Suwarsono,2002. Teori-teori perkembangan kognitif dan proses pembelajaran yang  Relevan untuk pembalajaran Matematika Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS)


Comments

Popular posts from this blog

NERACA OHAUS

MAKALAH FAKTOR PENGHAMBAT PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

Contoh Laporan Praktik Kerja Industri TKR (SMK)