Pages

MAKALAH SEX BEBAS

Respons: 0 komentar


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat dan karuniaNyalah kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul“Seks Bebas” tanpa hambatan apapun. Oleh sebab itu, kelompok kami berharap semoga makalah ini dapat digunakan sebaik-baiknya untuk menambah wawasan para pembaca.
Dengan demikian pada makalah ini kelompok kami berharap supaya para remaja mengerti tentang bahayanya seks bebas bagi kalangan remaja, dan masyarakat umum lainnya agar negara kita mendapatkan pemuda-pemudi sebagai penerus generasidi era globalisasi sekarang ini.
Walaupun demikian, kelompok kami menyadari bahwa ada kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Mudah-mudahan dengan makalah ini anak-anak remaja dan semuanya menyadari akibat-akibat dari pergaulan bebas yang cenderung bersifat negatif.


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR                                                                                              
DAFTAR ISI                                                                                                             

BAB I PENDAHULUAN                                                                                       
A.    Latar Belakang                                                                                               
B.     Rumusan Masalah                                                                                          

BAB II Macam-Macam Seks Bebas
A.    Seks bebas di masyarakat                                                                              
B.     Kumpul Kebok                                                                                              
Penyebab Pergaulan Bebas.
A.    Faktor Internal                                                                                               
B.     Faktor Eksternal                                                                                             

BAB III
A.    Dampak Dari Seks Bebas                                                                              
B.     Cara Penanggulangannya                                                                               

BAB IV PENUTUP.
A.    Kesimpulan                                                                                                    
B.     Saran                                                                                                              
Daftar Pustaka                                                                                                           


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang.
Sikap pemerintah dalam menangani seks bebas sangat membutuhkan perhatian masyarakat, karena tanpa campur tangan keduanya sungguh tidakakantercapai apa yang kita inginkan.
Karena masyarakat kota Sintang khususnya remajamasih dalam pembaharuan kebebasan yang disalah artikan. oleh karena itu, banyak remaja yang terjerumus ke dalam hal-hal yang tidak diinginkan dan kebanyakanterpengaruh dari lingkungan luar yang merusak generasi muda karena rasa ingingaul walaupun mereka sudah salah jalan.Oleh karena itu, para remaja harus banyak mendapat bimbingan para gurudan orang tua.

Karena zaman yang sudah semakin maju remaja sangat mudah terpengaruholeh hal-hal yang baru apalagi dengan perubahan-perubahan remaja. Zamansekarang para remaja sudah banyak terjerumus dalam seks bebas.

B.     Rumusan Masalah.
Berdasarkan pengalaman penulis, penulis melihat kurangnya kesadaransemua pihak seperti remaja dan orang tua. Adapun yang pernah di rencanakanuntuk mengarahkan remaja ke hal-hal yang positif baru sedikir yang terlaksanadengan baik.

Bukan hanya di kota Sintang tetapi kota-kota besar lainnya sudah banyak remaja yang terjerumus dalam seks bebas. Memang kebanyakan orang tuamengarahkan anak-anaknya ke hal yang positif tetapi karena pengaruh dan perkembangan zaman maka anak-anak mudah terjerumus ke hal yang negatif.Apabila mereka berada di dalam lingkungan yang baik tidak menutupkemungkinan maka dengan kesadaran ia akan menjadi baik.

BAB II

Macam-Macam Seks Bebas.
A.    Seks bebas di masyarakat sangat banyak yang dilakukan oleh remaja, namun disini hanya mengidentifikasikan berbagai seks bebas yang dikategorikan seks bebas tingkat tinggi, maksudnya sering dilakukan dan berbahaya dari tingkat biasanya kumpul kebo yang sering dilakukan para remaja yang belum menikah.
B.     Kumpul kebo atau istilahnya seks bebas yang dilakukan remaja karena berbagaifaktor misalnya, tidak sadarkan diri, bahkan bila seorang pria yang berkelakuan bejat sampai memaksa seorang cewek. Terkadang seorang cewek bisa hamil pada usia sekolah/ para gadis umumnya, mengikuti pergaulan para remajalainnya. Dia tidak tahu maksudnya, akhirnya dia terjebak oleh yang lainnya.Ada juga remaja yang ngumpul dipinggir jalan raya entah tidak tahu artinyaapa, malam-malam hingga larut malam, sambil memainkan gitar dan bernyanyi,sehingga membuat keributan tetangganya dan mengganggu ketertiban dankeamanan lingkungan.

Penyebab Pergaulan Bebas
Penyebab pergaulan bebas dapat dikategorikan 2 faktor, yaitu faktor internaldan eksternal
A.    Faktor internal / lebih lazimnya dari dalam diri seseorang remaja itu. Keinginanuntuk dimengerti lebih dari orang lain bisa menjadi penyebab remaja melakukantindakan penyimpangan, sikap yang terlalu merendahkan diri sendiri atau selalumeninggikan diri sendiri, jikalau terlalu merendahkan diri sendiri orang remajalebih mencari jalan pintas untuk menyelesaikan sesuatu dia beranggapan jikasaya tidak begini saya bisa dianggap orang lain tidak gaul, tidak mengikuti perkembangan zaman

B.     Faktor Eksternal / faktor dari luar pribadi seseorang remaja. Faktor palingterbesar memberi terjadinya prilaku menyimpang seseorang remaja yaitulingkungan dan sahabat. Seseorang sahabat yang sering berkumpul bersamadalam satu geng, otomatis dia akan tertular oleh sikap dan sifat kawannyatersebut. Kasih sayang dan perhatian orang tua tidak sepenuhnya tercurahkan,membuat seorang anak tidak betah berada di dalam rumah tersebut, merekalebih senang untuk berada di luar bersama kawan-kawannya. Apalagi keluargayang kurang harmonis dan kurangnya komunikasi dengan orang tua dapatmenyebabkan seorang anak melakukan penyimpangan sosial serta seks bebasyang melanggar nilai-nilai dan norma sosial. Apabila ayah dan ibu mereka yangmemiliki kesibukan di luar rumah akan membuat anak-anak remaja semakinmenjadi-jadi, sehingga mereka merasa tidak diperdulikan lagi.


BAB III

A.    Dampak Dari Seks Bebas.Seperti kita ketahui bahwa banyak dampak buruk dari seks bebas dan cenderung bersifat negatif seperti halnya, kumpul kebo, seks bebas dapat berakibat fatal bagikesehatan kita.
Tidak kurang dari belasan ribu remaja yang sudah terjerumus dalam seks bebas.Para remaja seks bebas cenderung akibat kurang ekonomi.Seks bebas dapat terjadi karena pengaruh dari lingkungan luar dan salah pilihnyaseseorang terhadap lingkungan tempatnya bergaul. Saat-saat ini di kota besar seringterjadi razia di tempat-tempat hiburan malam seperti diskotik dan tempat berkumpul para remaja lainnya dan yang paling sering tertangkap adalah anak-anak remaja. Seks bebas sangat berdampak buruk bagi para remaja, dampak dari seks bebas adalah hamil di luar nikah, aborsi, dapat mencorengkan nama baik orang tua,diri sendiri, guru serta nama baik sekolah. Padahal seks bebas bukanlah segalanya,dimana mereka hanya mendapat kenikmatan semata, sedang mereka tidak memikirkan akibat yang harus mereka tanggung seumur hidup. Hal ini jelas sangat berbahaya bagi remaja yang terjerumus di dalam seks bebas. Bayangkan saja jikaseluruh remaja ada di Indonesia terjerumus dalam seks bebas, apa jadinya nasib bangsa kita ini jika remaja yang ada tidak memiliki kemampuan berfikir dan fisik yang baik, tentunya pembangunan tidak akan berjalan dengan sebagaimanamestinya

B.     Cara menanggulanginya
Seperti yang telah kita bahas di atas bahwa sesungguhnya memang kurangkesadaran baik dari remaja itu sendiri maupun orang tua. Hendaklah orang tuamemperhatikan anak-anaknya tetapi orang tua jangan terlalu mamanjakan anak mereka, karena bisa mengakibatkan dampak buruk baginya karena dia sudahterbiasa dengan hal-hal yang enak-enak. Tetapi orang tua juga harusmemperhatikan anak-anaknya dengan mengarahkan ke hal-hal yang positif dengancara mendukung bakat yang dimiliki oleh anak tersebut, agar dapat berguna dan berkembang. Tetapi seorang anak juga jangan terlalu egois dalam memaksakankehendak. Bagi para lembaga sosial harus bisa merangkul para remaja untuk masuk dalam suatu organisasi dengan mengikuti berbagai kegiatan seorang remaja akanterarah pikirannya dengan baik. Bagi lembaga keagamaan harus selalu mengarah keimanan dan ketaqwaan mereka terbina. Mendukung segala bakat-bakat anak remajaagar mereka tidak melakukan hal-hal yang menyimpang. Tidak terlalu memaksakanseorang dalam berbagai tindakan karena akan membuat tempramen seorang anak suka emosional. Didiklah anak-anak dengan cara yang lambat agar mereka tidak selalu membangkan segala suruhan atau perintah para orang tua.





BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan.
Dari pembahasan uraian di atas dapat menyimpulkan, yaitu :Pemuda atau pemudi haruslah diperhatikan sering lagi karena tanpa perhatian dariorang tua, guru dan lembaga sosial lainnya seorang anak dapat melakukan penyimpangan sosial. Karena hanya merekalah penerus bangsa ini.Araha-arahan perlu diberikan kepada remaja, karena dampak awal yang palingterasa adalah pada orang yang ada disekitarnya. Pendukungan mereka sangat perluuntuk memupuk rasa patriotisme dan nasionalisme bangsa Indonesia.

B.     Saran.
Adapun saran yang kelompok kami buat agar dapat dijadikan teladan oleh pararemaja untuk dapat memperbaiki jalur hidup mereka demi masa depan dan nama baik negara kita, terutama orang tua selaku ayah dan ibu harus betul-betulmemberikan perhatian bagi anak-anak mereka. Dihimbaukan bagi para pihak keamanan seperti polisi harus lebih mengetatkan keamanan serta kegiatan merekauntuk mengatasi kenakalan remaja.



DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Copyright © @bang

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog