TEMA PENDIDIKAN - PENGARUH PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MUTU PENDIDIKAN
KATA
PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan
makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin penyusun tidak
akan sanggup menyelesaikan dengan baik.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui seberapa besar pengaruh
perpustakaan sekolah terhadap mutu pendidikan yang kami sajikan berdasarkan
pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini di susun oleh penyusun dengan
berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang
dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan
akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang "Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap
Mutu Pendidikan di Sekolah" dan sengaja dipilih karena menarik perhatian
penulis untuk dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang
peduli terhadap dunia pendidikan.
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada guru/dosen pembimbing yang
telah banyak membantu penyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada
pembaca. Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak
kekurangan, oleh sebab itu penulis angat mengharapkan kritik dan saran yang
membangun. Dan semoga dengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat bagi
pembaca dan teman-teman. Amin...
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
B. Identifikasi
Masalah
C. Pembatasan
Masalah.
D. Perumusan
Masalah.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Tujuan
Perpustakaan Sekolah.
B. Fungsi
Perpustakaan Sekolah.
C. Sumbangan
Perpustakaan Terhadap Pelaksanaan Program Pendidikan di Sekolah.
BAB III PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA.
BAB
I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG MASALAH
Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan,
sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Bangsa
Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama
belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsa kita. Kualitas hidup
bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan.
Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan kita berpikir kritis,
kreatif, dan produktif.
Dalam UUD 1945 disebutkan bahwa negara kita ingin mewujudkan masyarakat
yang cerdas. Untuk mencapai bangsa yang cerdas, harus terbentuk masyarakat
belajar. Masyarakat belajar dapat terbentuk jika memiliki kemampuan dan
keterampilan mendengar dan minat baca yang besar. Apabila membaca sudah
merupakan kebiasaan dan membudaya dalam masyarakat, maka jelas buku tidak dapat
dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dan merupakan kebutuhan pokok yang harus
dipenuhi.
Dalam dunia pendidikan, buku terbukti berdaya guna dan bertepat guna
sebagai salah satu sarana pendidikan dan sarana komunikasi. Dalam kaitan inilah
perpustakaan dan pelayanan perpustakaan harus dikembangkan sebagai salah satu
instalasi untuk mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa. Perpustakaan
merupakan bagian yang vital dan besar pengaruhnya terhadap mutu pendidikan.
Judul makalah ini sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk
dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap
dunia pendidikan.
B. IDENTIFIKASI
MASALAH (LATAR BELAKANG)
Sesuai dengan judul makalah ini “Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap
Mutu Pendidikan di Sekolah”, terkait dengan pelaksanaan program pendidikan di
sekolah dan fungsi serta sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan program
tersebut.
Berkaitan dengan judul tersebut, maka masalahnya dapat diidentifikasi sebagai berikut :
Berkaitan dengan judul tersebut, maka masalahnya dapat diidentifikasi sebagai berikut :
- Bagaimana peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah
- Bagaimana cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?
C.
PEMBATASAN MASALAH.
Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah
yang dibahas dibatasi pada masalah :
- Peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah;
- Cara-cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
D.
Perumusan Masalah.
Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah tersebut,
masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut :
- Bagaimana deskripsi peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan di sekolah ?
- Bagaimana deskripsi cara agar perpustakaan sekolah benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?
BAB II
PEMBAHASAN
Perpustakaan merupakan bagian intergral dari lembaga
pendidikan sebagai tempat kumpulan bahan pustaka, baik berupa buku maupun bukan
buku.
Sesuai dengan judul makalah ini, pembahasan meliputi tujuan perpustakaan, fungsi perpustakaan dan sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan.
Sesuai dengan judul makalah ini, pembahasan meliputi tujuan perpustakaan, fungsi perpustakaan dan sumbangan perpustakaan terhadap pelaksanaan program pendidikan.
A.
TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
Tujuan utama penyelenggaraan perpustakaan sekolah adalah
meningkatkan mutu pendidikan bersama-sama dengan unsur-unsur sekolah lainnya.
Sedangkan tujuan lainnya adalah menunjang, mendukung, dan melengkapi semua
kegiatan baik kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, di samping
dimaksudkan pula dapat membantu menumbuhkan minat dan mengembangkan bakat murid
serta memantapkan strategi belajar mengajar. Namun secara operasional tujuan
perpustakaan sekolah bila dikaitkan dengan pelaksanaan program di sekolah,
diantaranya adalah :
- Memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan membaca.
- Membimbing dan mengarahkan teknik memahami isi bacaan.
- Memperluas pengetahuan para siswa.
- Membantu mengembangkan kecakapan berbahasa dan daya pikir para siswa dengan menyediakan bahan bacaan yang bermutu.
- Membimbing para siswa agar dapat menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik.
- Memberikan dasar-dasar ke arah studi mandiri.
- Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk belajar bagaimana cara menggunakan perpustakaan dengan baik, efektif dan efisien, terutama dalam menggunakan bahan-bahan referensi.
- Menyediakan bahan-bahan pustaka yang menunjang pelaksaanan program kurikulum di sekolah baik yang bersifat kurikuler, kokurikuler, maupun ekstra kurikuler.
B.
FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
Berdasarkan tujuan perpustakaan sekolah, maka dapat
dirumuskan beberapa fungsi perpustakaan, sebagai berikut :
1.
Fungsi Edukatif.
Yang
dimaksud dengan fungsi edukatif adalah perpustkaan menyediakan bahan pustaka
yang sesuai dengan kurikulum yang mampu membangkitkan minat baca para siswa,
mengembangkan daya ekspresi, mengembangkan kecakapan berbahasa, mengembangkan
gaya pikir yang rasional dan kritis serta mampu membimbing dan membina para
siswa dalam hal cara menggunakan dan memelihara bahan pustaka dengan baik.
2.
Fungsi Informatif.
Yang
dimaksud dengan fungsi informatif adalah perpustakaan menyediakan bahan pustaka
yang memuat informasi tentang berbagai cabang ilmu pengetahuan yang bermutu dan
uptodate yang disusun secara teratur dan sistematis, sehingga dapat memudahkan
para petugas dan pemakai dalam mencari informasi yang diperlukannya.
3.
Fungsi Administratif
Yang
dimaksudkan dengan fungsi administratif ialah perpustakaan harus mengerjakan
pencatatan, penyelesaian dan pemrosesan bahan-bahan pustaka serta
menyelenggarakan sirkulasi yang praktis, efektif, dan efisien.
4.
Fungsi Rekreatif.
Yang
dimaksudkan dengan fungsi rekreatif ialah perpustakaan disamping menyediakan
buku-buku pengetahuan juga perlu menyediakan buku-buku yang bersifat rekreatif
(hiburan) dan bermutu, sehingga dapat digunakan para pembaca untuk mengisi
waktu senggang, baik oleh siswa maupun oleh guru.
5.
Fungsi Penelitian
Yang
dimaksudkan dengan fungsi penelitian ialah perpustakaan menyediakan bacaan yang
dapat dijadikan sebagai sumber / obyek penelitian sederhana dalam berbagai
bidang studi.
C.
SUMBANGAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM
PENDIDIKAN DI SEKOLAH.
Bila diperhatikan secara jenih, maka perpustakan sekolah
sesungguhnya memberikan sumbangan terhadap pelaksanaan program pendidikan di
sekolah. Sumbangan / peranan perpustakaan antara lain :
- Perpustakaan merupakan sumber ilmu pengetahuan dan pusat kegiatan belajar.
- Perpustakaan merupakan sumber ide-ide baru yang dapat mendorong kemauan para siswa untuk dapat berpikir secara rasional dan kritis serta memberikan petunjuk untuk mencipta.
- Perpustakaan akan memberikan jawaban yang cukup memuaskan bagi para siswa, sebagai tuntutan rasa keingintahuan terhadap sesuatu, benar-benar telah terbangun.
- Kumpulan bahan pustaka (koleksi) di perpustakaan memberika kesempatan membaca bagi para siswa yang mempunyai waktu dan kemampuan yang beraneka ragam.
- Perpustakaan memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mempelajari cara mempergunakan perpustakaan yang efisien dan efektif.
- Perpustakaan akan membantu para siswa dalam meningkatkan dalam kemampuan membaca dan memperluas perbendaharaan bahasa.
- Perpustakaan dapat menimbulkan cinta membaca, sehingga dapat mengarahkan selera dan apresiasi siswa dalam pemilihan bacaan.
- Perpustakaan memberikab kepuasan akan pengetahuan di luar kelas.
- Perpustakaan merupakan pusat rekreasi yang dapat memberikan hiburan yang sehat.
- Perpustakaan memberikan kesempatan kepada para siswa dan guru untuk mengadakan penelitian.
- Perpustakaan merupakan batu loncatan bagi para siswa untuk melanjutkan kebiasaan hidup membaca di sekolah yang lebih tinggi.
- Kegairahan / minat baca siswa yang telah dikembangkan melalui perpustakaan sangat berpengaruh positif terhadap prestasi belajarnya.
- Bila minat membaca sudah tumbuh dan berkembang pada diri siswa, maka perpustakaan juga dapat mengurangi jajan anak, yang ini biasanya dapat berpengaruh negatif terhadap kesehatan anak.
- Bahkan perpustakaan juga bagi anak-anak dapat menjauhkan diri dari tindakan kenakalan, yang bisa menimbulkan suasana kurang sehat dalam hubungan berteman diantara mereka.
BAB III
PENUTUP
A.
SIMPULAN
Berdasarkan
uraian bahasan "Peranan Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di
Sekolah" dapat disimpulkan bahwa :
- Peranan perpustakaan sangat menunjang prestasi pendidikan di sekolah.
- Perpustakaan sangat penting dan harus ada pada setiap sekolah di semua jenjang pendidikan.
- Pengelolaan perpustakaan harus dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan fungsinya
B.
SARAN
Bertolak dari peranan perpustakaan yang begitu banyak
sumbangsihnya dalam pelaksanaan program pendidikan di sekolah, penyusun
memberikan saran sebagai berikut:
- Sebaiknya perpustakaan dikelola sesuai dengan tujuan dan fungsinya.
- Peran pengelola perpustakaan / pustakawan yang profesional hendaknya mendapatkan bekal yang cukup sehingga menjadi pustakawan yang handal dan profesional.
DAFTAR PUSTAKA
-
Buku Pendidikan Kewarganegaraan
Comments