Pages

Pengertian Negara Maju dan Berkembang

Respons: 0 komentar


A.    NEGARA MAJU
1.    Pengertian
Negara maju adalah negara yang mampu menyeimbangkan pencapaian pembangunan yang telah dilakukan sehingga sebagian besar tujuan pembangunan telah dapat terwujud baik yang bersifat fisik maupun non fisik.
B.    NEGARA BERKEMBANG
1.    Pengertian
Negara berkembang adalah negara yang rakyatnya memiliki tingkat kesejahteraan atau kualitas hidup taraf sedang atau sedang dalam perkembangan. Negara berkembang  juga bisa diartikan sebagai Negara yang rata-rata pendapatannya rendah, infrastruktur yang relative terbelakang, dan indeks perkembangan manusia yang kurang dibandingkan dengan norma global.
CIRI-CIRI NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG

Dalam era globalisasi seperti saat ini, kamajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berpengaruh terhadap kemajuan suatu negara. Oleh karena itu untuk mengidentifikasi suatu negara apakah termasuk sebagai negara maju atau negara berkembang dapat dilihat dari kemajuan teknologi dan hasil pembangunannya.
Menentukan suatu negara tergolong negara maju atau negara berkembang tidak hanya dipandang dari sudut pendapatan per kapita negara tersebut. Banyak faktor lain yang harus dipertimbangkan seperti perumbuhanpenduduk, tingkat kesehatan, tingkat pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, angka kelahiran dan kematian, angka harapan hidup dan sebagainya.


1. CIRI-CIRI NEGARA MAJU

Negara maju dapat didefinisikan sebagai suatu negara yang memiliki tingkat kemakmuran penduduk yang cukup tinggi, jika dibandingkan dengan negera lainnya. Adapun ciri-ciri negara maju, adalah sebagai berikut :

1.      Sebagian besar penduduknya bekerja pada sektor industri dan jasa
2.      Pendapatan perkapitanya tinggi, yaitu di atas 10.000 US $.
3.      Sektor pertanian dikelola secara intensif dan menggunakan alat- alat modern.
4.      Sumber daya manusianya berkualitas baik/tinggi.
5.      Pertumbuhan penduduk rendah yaitu 0,1% - 1% setiap tahunnya.
6.      Angka kelahiran dan angka kemtian relatif rendah, sedangkan angka harapan  hidup mencapai rata-rata di atas 67,5 tahun.
7.      Tingkat pendidikan penduduknya tinggi.
8.      Konsentrasi penduduk banyak di perkotaan.

Lebih kurang 20 negara maju di dunia termasuk dalam kategori negara Industri.Beberapa negara maju tergabung dalam salah satu forum kerja sama yang dikenal dengan nama G-8 (Group of Eight). Negara yang termasuk dalam kelompok G-8 adalah Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Kanada dan Rusia.

2. CIRI-CIRI NEGARA BERKEMBANG

Negara berkembang adalah negara yang memiliki tingkat pendapatan per kapita yang rendah. Hal ini yang penyebabkan negara- negara berkembang terus berusaha bergerak maju membangun negaranya dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan penduduknya.
Adapun ciri-ciri negara berkembang, adalah sebagai berikut :
1.      Sebagian besar penduduk bekerja di bidang pertanian.
2.      Pendapatan per kapita rendah yaitu di bawah 10.000 US $.
3.      Tingkat pertumbuhan penduduknya tinggi yaitu di atas 2 %
4.      Tingkat pengangguran sangat tinggi dikarenakan kurangnya lapangan pekerjaan.
5.      Kualitas sumber daya manusianya rendah, sehinga penguasaan ilmu dan teknologi terhambat.
6.      Pendidikan formal dan non formal krang memadai.
7.      Ketergantungan terhadap negara maju sangat tinggi.
8.      Mayoritas penduduk tinggal di pedesaan.

Developing Eight (D-8) merupakan kelompok negara berkembang yang sebgian besar berpenduduk muslim. D-8 di bentuk pada 15 Juni 1997 di Istambul Turki. Tujuan utama D-8 adalah meningkatkan posisi negara berkembang dalam perekonomian dunia dan menciptakan kesempatan baru dalam kerja sama perdagangan antar negara-negara anggotanya. Ke delapan negara berkembang tersebut adalah Indonesia, Turki, Iran, Malaysia, Pakistan, Bangladesh, Nigeria dan Mesir.
Selain negara maju dan negara berkembang, terdapat pula negara industri baru yaitu negara yang perkembangan industrinya hampir sama dengan negara maju. Negara tersebut seperti Korea Selatan dan Singapura.
1.      Perbedaan antara Negara Berkembang/Miskin dengan Negara Maju/Kaya bukan karena umurnya. Buktinya, Mesir dan India berumur lebih dari 2000 tahun, sedangkan Astralia, Singapura, Kanada dan New Zealand baru berumur kurang dari 150 tahun, tetapi jauh lebih maju.
2.      Ketersediaan Sumber Daya Alam juga tidak menjamin sebuah negara menjadi maju atau tetap miskin, contohnya, Jepang adalah negara yang kecil ukuran daratannya, serta terbatas sumber daya alamnya, namun bisa menjadi raksasa Ekonomi Dunia, dengan cara mengimpor bahan2 baku dari negara2 berkembang, den mengekspor produk2 jadi ke L.N.
3.      Ras atau warna kulit bukan menjadi penyebab maju atau terbelakangnya sebuah negara, buktinya para imigan asal Asia dan Afrika bisa menjadi Eksekutif, Tenaga Ahli atau Karyawan yang produktif, kreatif dan innovatif ketika mereka tinggal di Amerika atau Eropa.

Kesimpulan dari Analisis tersebut diatas: Perbedaannya ada pada Sikap atau Perilaku (Attitude) dari masyarakat masing-masing negara yang terbentuk melalui proses ratusan tahun dari pendidikan dan kebudayaan.

Berdasarkan penelitian yang mendalam, Negara-negara maju umumnya memiliki 9 Prinsip Dasar Kehidupan sbb:
·         Etika yang dijunjung tinggi
·         Kejujuran dan Integritas Masyarakat, Pemerintahan dan Individu yang tinggi
·         Sikap yang mau bertanggung-jawab
·         Menghormati hukum dan aturan masyarakat
·         Menghormati hak warga atau orang lainnya
·         .Mencintai dan menekuni pekerjaan masing-masing
·         Gemar menabung dan ber-investasi (tidak boros, konsumtif)
·         Bekerja keras
·         Tepat waktu

Kesimpulannya, Indonesia miskin dan tetap terbelakang karena masyarakatnya berperilaku kurang tepat, kurang baik, tidak mau menerapkan 9 Prinsip Dasar Kehidupan tersebut diatas sebagaimana layaknya yang dilakukan di banyak negara-negara maju di Dunia ini.

Pengamat dan teoritis melihat alasan yang berbeda mengapa beberapa negara (dan lainnya tidak) menikmati perkembangan ekonomi yang tinggi. Banyak alasan menyatakan perkembangan ekonomi membutuhkan kombinasi perwakilan pemerintah (atau demokrasi), sebuah model ekonomi pasar bebas, dan sedikitnya atau ketiadaan korupsi. Beberapa memandang negara kaya menjadi kaya karena eksploitasi dari negara miskin di masa lalu, melalui imperialisme dan kolonialisme, atau di masa sekarang, melalui proses globalisasi.


Tidak ada komentar:

Copyright © @bang

Sponsored By: GratisDesigned By: Habib Blog