MAKALAH BUMS, BUMN DAN KOPERASI LENGKAP DENGAN CONTOHNYA

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Tak banyak diperdebatkan bahwa industri merupakan tulang punggung perindustrian, sehingga terkadang pembangunan ekonomi identik dengan industrialisasi. Yang sering menjadi permasalahan adalah bagaimana proses industrialisasi dilaksanakan serta jenis industri apakah yang harus dipuilih oleh suatu negara. Hingga menjelang akhir milenium II struktur industri Indonesia banyak didominasi oleh industri besar swasta dengan sebagian besar bentuk konglomeratisasi. Industri kecil dan menengah, dimana sebagian besar masyarakat terlibat di dalamnya, mengalami marginalisasi bahkan kehancuran. Di sisi lain, industri besar dengan konglomeratisasinya ternyata memiliki kinerja ekonomi yang buruk, sehingga perannya dalam perekonomian dipertanyakan.
     Peran pemerintah yang diimplementasikan melalui BUMN ternyata tidak optimal. Bahkan, seringkali BUMN justru menjadi tunggangan ekonomi-politik dari penguasa. Intervensi  pemerintah dalam manajemen BUMN merupakan kasus biasa di Indonesia, terutama menyangkut pembagian peran antara pemerintah, swasta dan koperasi.
     Di dalam sistem perekonomian Indonesia dikenal ada tiga pilar utama yang menyangga perekonomian. Ketiga pilar itu adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), dan Koperasi. Atau, dapat dikatakan bahwa di dalam perekonomian nasional, ada dua kelompok pelaku ekonomi, yakni swasta dan pemerintah. Kelompok swasta dapat dibagi dalam dua subkelompok, yakni koperasi dan perusahaan-perusahaan nonkoperasi. Sedangkan kelompok pemerintah adalah BUMN.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan BUMN, BUMS, dan Koperasi ?
2.      Apa tujuan didirikannya BUMN, BUMS, dan Koperasi ?
3.      Apa saja peranan BUMN, BUMS, dan Koperasi ?
C.    Tujuan dan Manfaat
1.      Mengetahui peranan Badan – Badan perekonomian yang ada di Indonesia antara lain BUMN, BUMS, dan koperasi.
2.      Mengetahui penerapan BUMN, BUMS, dan Koperasi di Indonesia serta dampak yang dihasilkannya.
3.      Sebagai bahan referensi dari sumber – sumber yang telah ada sebelunnya.
4.      Sebagai bahan evaluasi penerapan sistem perekonomian di Indonesia.
SSELENGKAPNYA DOWNLOAD DISINI


Comments

Blogger said…
According to Stanford Medical, It is indeed the one and ONLY reason this country's women live 10 years longer and weigh 42 lbs less than us.

(By the way, it really has NOTHING to do with genetics or some hard exercise and EVERYTHING about "how" they are eating.)

BTW, What I said is "HOW", and not "what"...

CLICK on this link to reveal if this short test can help you release your true weight loss potential

Popular posts from this blog

NERACA OHAUS

Contoh Laporan Praktik Kerja Industri TKR (SMK)

MAKALAH FAKTOR PENGHAMBAT PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA